Berita

3 Fakta Menarik Pedang Samurai Jepun Milik Jenderal TNI Ahmad Yani

42
×

3 Fakta Menarik Pedang Samurai Jepun Milik Jenderal TNI Ahmad Yani

Sebarkan artikel ini
3 Fakta Menarik Pedang Samurai Jepun Milik Jenderal TNI Ahmad Yani

JAKARTA – Pahlawan Revolusi Jenderal TNI (Anumerta) Ahmad Yani ternyata miliki pedang Samurai Negeri Sakura atau Katana yang digunakan diberikan individu Kapten Jepang. Katana diberikan pada waktu sang Kapten berubah menjadi pengawas pelatihan Ahmad Yani pada saat bergabung dengan Pembela Tanah Air (PETA).

Ahmad Yani yang mana lahir ke Purworejo, Jawa Tengah pada 19 Juni 1922 terkenal sosok yang tersebut tegas lalu cerdas ke militer. Pendidikan formalnya diawali di mana bersekolah pada Hollandsch-Inlandsche School (HIS) atau sekolah setingkat SD di Bogor.

Setelah itu, Ahmad Yani melanjutkan sekolah ke Meer Uitgebreid Lager Onderwijs (MULO) atau setingkat SMP berikutnya masuk Algemene Middelbare School (AMS) setingkat SMA pada 1938.

Barulah pasca itu ia mulai mengikuti institusi belajar militer di dalam Dinas Topografi Militer. Mantan Panglima Angkatan Darat itu menempuh lembaga pendidikan militer di dalam Malang, Jawa Timur selama enam bulan juga pertengahan tahun 1941 Sersan Cadangan Bagian Topografi Ahmad Yani ditugaskan di Bandung.

Ketika Ahmad Yani menjalani institusi belajar kemudian pelatihan militer inilah terdapat sebuah kisah ia mendapatkan pedang Samurai Negeri Matahari Terbit legendaris.

3 Fakta Menarik Pedang Samurai Negeri Sakura Legendaris Milik Jenderal Ahmad Yani

1. Didapat dari Kapten Yanagawa Moichiro

Katana legendaris didapat Ahmad Yani saat mengikuti lembaga pendidikan militer Heiho ke Magelang, Jawa Tengah tak lama kemudian bergabung dengan tentara Pembela Tanah Air (PETA).

Selama masa institusi belajar keras empat bulan itulah, kemampuan Ahmad Yani memperoleh pengakuan. Kapten Yanagawa Moichiro sebagai pengawas pelatihan memberikan Ahmad Yani sebuah Katana sebagai pengakuan berhadapan dengan kompetensinya.

Sebelum menjalani pelatihan yang keras itu, Ahmad Yani dikirim ke Bogor, Jawa Barat untuk mengikuti sekolah militer secara lebih lanjut intensif. Mungkin akibat inilah Ahmad Yani miliki kemampuan dalam menghadapi rata-rata.

2. Pandai Bermain Sendai

Menurut penuturan anak Jenderal Ahmad Yani, Amelia A Yani, Sarwo Edhie Wibowo mengungkapkan jikalau Jenderal Ahmad Yani memang benar pribadi prajurit, ahli strategi pertempuran sejak masuk PETA dalam Bogor.

“Dia juga pandai main Sendai, olahraga Negeri Matahari Terbit dengan pedang Samurai. Karena pandainya itu, beliau bisa saja lulus dengan baik lalu diberi pedang (gunto) yang tersebut paling panjang,” ujar Sarwo Edhie berdasarkan penuturan Amelia A Yani.

3. Pedang Gunto Diperoleh Ahmad Yani

Gunto merupakan nama yang dimaksud digunakan untuk Pedang Samurai Jepang. Pedang ini kerap digunakan oleh tentara serta Angkatan Laut Jepun setelahnya berakhirnya Samurai pada tahun 1868.

Dengan diproduksinya secara massal, Gunto menjadi perlengkapan standar pada militer baru, mengambil tempat pedang yang tersebut dikenakan oleh kelas Samurai selama masa feodal. Tak heran apabila pada masa penjajahan Negeri Sakura pedang ini bermetamorfosis menjadi salah satu ciri khas yang dimaksud dimiliki setiap militer Jepang.

Artikel ini disadur dari 3 Fakta Menarik Pedang Samurai Jepang Milik Jenderal TNI Ahmad Yani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *