Berita

RK Berbagi Keilmuan Leadership kemudian Entrepreneurship ke Mahasiswa Tanah Air di Singapura

12
×

RK Berbagi Keilmuan Leadership kemudian Entrepreneurship ke Mahasiswa Tanah Air di Singapura

Sebarkan artikel ini
RK Berbagi Keilmuan Leadership kemudian Entrepreneurship ke Mahasiswa Tanah Air pada Singapura

JAKARTA – Dalam lawatan ke Singapura, Ridwan Kamil (RK) tak semata-mata mengisi kuliah umum pada National University of Singapore (NUS). Namun juga berbagi pengalaman dengan peserta didik Tanah Air yang mana tergabung pada Perhimpunan Pelajar Negara Indonesia di Singapura (PPIS).

Mantan gubernur Jawa Barat itu diminta menjadi salah manusia narasumber pada talkshow bertajuk ’Navigate the Future: A Talk on Leadership, Entrepreneurship, and Experience. Selain RK, di talkshow yang dimaksud berlangsung pada Selasa, 22 Mei 2024 itu turut hadir Atase Keuangan KBRI Singapura Heru Hardjanto AP.

RK mengungkapkan, anak-anak muda yang digunakan sedang menjalani studi di dalam Singapura merupakan aset. Mereka adalah masa depan bagi Indonesia. Karena itu, ia mengaku senang mendapat kesempatan untuk berbagi pengalaman dengan mereka. ”Apalagi topiknya persoalan leadership lalu entrepreneurship. Sangat penting untuk generasi penerus yang mana nantinya akan menjadi pemimpin masa depan,” ungkap dia.

Kepada para pelajar lalu peserta didik dengan syarat Indonesi dalam Singapura, pria yang akrab dipanggil Kang Emil itu membagikan pengalamannya pada waktu menjadi pemimpin Perkotaan Bandung juga Jawa Barat. Keberhasilan menjadi pemimpin area selama 10 tahun, kata dia, dibarengi dengan kolaborasi dan juga dukungan dari anak-anak muda.

”Jawa Barat bisa saja meningkat dan juga berkembang, salah satunya dikarenakan kami terbuka untuk berkolaborasi dengan pemerintah area lain. Baik di dalam di maupun luar negeri,” jelasnya.

Selain itu, kolaborasi juga dikerjakan dengan pelaku bisnis lokal kemudian pelaku Usaha Mikro, Kecil, lalu Menengah (UMKM). Sebab, peran UMKM sangat penting. Selain kental dengan nuansa lokal kedaerahan, Kang Emil menyampaikan UMKM adalah tulang punggung yang digunakan menggerakan roda perekonomian.

”Maka anak-anak muda harus berani berubah jadi pengusaha. Jangan takut gagal. Sebaliknya harus optimistis lalu percaya diri,” arahan pria berdarah Sunda tersebut.

Kang Emil pun menjadikan dirinya sebagai sampel. Setelah tiada lagi bertugas sebagai kepala daerah, beliau mengembangkan bidang usaha Food and Beverages (FnB) bernama Jabarano Coffee. Dari Bandung, bidang usaha itu berkembang. Bahkan sudah ada bersiap untuk membuka outlet baru pada Copenhagen, Denmark. Lebih dari itu, misi besar Jabarano Coffee adalah memasarkan kopi jika Jawa Barat ke bermacam belahan dunia.

Artikel ini disadur dari RK Berbagi Ilmu Leadership dan Entrepreneurship ke Mahasiswa Indonesia di Singapura

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *