Internasional

Joice Triatman Jadi Stafsus Mentan Lewat Anak SYL, Digaji Rp31 Juta Setiap Bulan

7
×

Joice Triatman Jadi Stafsus Mentan Lewat Anak SYL, Digaji Rp31 Juta Setiap Bulan

Sebarkan artikel ini
Joice Triatman Jadi Stafsus Mentan Lewat Anak SYL, Digaji Rp31 Juta Setiap Periode

JAKARTA – Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menghadirkan Staf Khusus Mentan, Joice Triatman pada sidang lanjutan pada persoalan hukum gratifikasi dan juga pemerasan. Joice menceritakan dirinya berubah jadi Stafsus Mentan tanpa adanya rute wawancara dengan Syahrul Yasin Limpo (SYL) melainkan lewat anaknya, Indira Chunda Thita.

Awalnya, Joice mengungkapkan Thita memohonkan curriculum vitae-nya (CV) untuk berubah menjadi Staf Khusus SYL ke Kementerian Pertanian. Joice juga mengaku menerima tawaran Thita bermetamorfosis menjadi Staf Khusus SYL usai adanya tiga kali pertemuan.

Joice di sidang ini juga menyatakan ia merupakan Wakil Bendahara Umum (Wabendum) Nasdem, namun ia mengaku tidaklah bergerak pada partai.

“Saudara menciptakan surat resmi permohonan?” tanya Hakim Ketua Rianto Adam Pontoh di ruang sidang PN Jakpus, Hari Senin (27/5/2024).

“Tidak,” ucap Joice.

“Jadi gimana caranya?” tanya Hakim.

“Jadi saya diminta CV saya Yang Mulia, oleh Bu Thita (anak SYL),” jawabnya.

Joice mengungkapkan bahwa dirinya tak pernah diwawancara segera oleh SYL. Ia mengemukakan pada waktu itu dirinya melakukan wawancara dengan eks Sekjen Kementan, Momon Rusmono.

“Baik, saudara kan berubah jadi Staf Khusus Menteri, dalan keseharian kan kekal harus berbicara dengan menteri, apakah saudara pernah nggak diwawancara identik Menteri sebelum disetujui sebagai stafsusnya?” tanya Hakim.

“Tidak Bapak,” jawab Joice.

“Jadi hanya saja melalui Ibu Thita aja?” tanya Hakim.

“Iya,” jawab Joice.

“Nggak pernah dipanggil oleh Pak Menteri? Kan diuji dulu, warga jadi pembantu rumah tangga aja datang diwawancara,” ucap Hakim.

“Izin Yang Mulia, jadi setelahnya itu saya mendapat telepon dari Staf Kementan saya bukan ingat siapa, kemudian saya diminta hadir di dalam Kementan untuk bertemu dengan Sekjen pada waktu itu Pak Momon,” jawab Joice.

Joice menuturkan rute wawancara itu dikerjakan sebanyak satu kali. Dia mengungkap wawancara itu terkait latar belakang lembaga pendidikan hingga pekerjaan sebelumnya.

“Apa yang tersebut ditanyakan terhadap saudara?” tanya Hakim.

Artikel ini disadur dari Joice Triatman Jadi Stafsus Mentan Lewat Anak SYL, Digaji Rp31 Juta Per Bulan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *