Lifestyle

Hotman Paris Minta Polisi Tidak Terburu-buru Tetapkan Pegi Jadi Pelaku Pembunuhan Vina

13
×

Hotman Paris Minta Polisi Tidak Terburu-buru Tetapkan Pegi Jadi Pelaku Pembunuhan Vina

Sebarkan artikel ini
Hotman Paris Minta Polisi Tidak Terburu-buru Tetapkan Pegi Jadi Pelaku Pembunuhan Vina

JAKARTA – Pengacara kondang yang tersebut juga berubah jadi kuasa hukum keluarga penderita Vina Dewi Arsita, Hotman Paris Hutapea meminta-minta pihak kepolisian tidak ada terburu-buru pada mengungkap tindakan hukum pembunuhan Vina . Kasus ini kembali diungkap Polda Jawa Barat usai 8 tahun tak lama kemudian diputus pada pengadilan.

“Keluarga kecewa dengan penetapan pelaku Pegi lalu menghilangkan dua warga DPO sebagai pelaku,” ujar Hotman di konferensi pers terhadap awak media ke salah satu pusat belanja yang tersebut ada di Kelapa Gading, DKI Jakarta Utara, Rabu (29/5/2024).

Hotman menyatakan Polda Jawa Barat mengumumkan satu warga pelaku tertangkap serta dua DPO lainnya fiktif. Hal ini menyebabkan keluarga Vina kecewa dengan penetapan yang diwujudkan oleh kepolisian.

Hotman menyebutkan di Berita Acara Pemeriksaan (BAP) yang dilaksanakan pihak kepolisian dari enam pelaku terpidana yang mana diinterogasi, lima pemukim menyatakan Pegi bukanlah pelaku aksi, juga cuma satu pendatang yang menyatakan Pegi sebagai pelaku.

“Ini BAP (Berita Acara Pemeriksaan) yang dimaksud baru dikerjakan polisi pada waktu dua minggu ini pasca persoalan hukum ini kembali viral,” kata Hotman.

Menurut Hotman, pada ilmu hukum jikalau ada keragu-raguan di suatu perkara maka aparat penegak hukum tidaklah boleh direalisasikan penetapan hingga ada alat bukti yang digunakan lengkap. Apalagi disebut Hitman sampai menyatakan penetapan pelaku Pegi ke rakyat secara terburu-buru lalu menghilangkan dua pelaku lain yang tersebut berubah menjadi Daftar Pencarian Orang (DPO).

“Kalau polisi belum sanggup menangkap pelaku, kami maklum lantaran perkara ini sudah ada berjalan lama. Tapi apabila ada yang dimaksud dihilangkan seperti ini tentu muncul pertanyaan,” kata Hotman.

Dia merasa apabila pihak keluarga tak dapat melakukan upaya hukum apa-apa selain cuma berharap pemangku kekuasaan hukum ke negeri ini dapat meluruskan perkara ini sesuai dengan kebenaran.

“Kami berharap Presiden, Menko Polhukam kemudian lainnya memberikan atensi agar pemeriksaan ini berjalan dengan jelas sesuai dengan fakta lalu bukti yang tersebut ada,” tegas Hotman.

Artikel ini disadur dari Hotman Paris Minta Polisi Tidak Terburu-buru Tetapkan Pegi Jadi Pelaku Pembunuhan Vina

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *