Kesehatan

10 Makanan yang Dapat Menurunkan IQ, Waspadai Pengaruhnya pada Otak

31
×

10 Makanan yang Dapat Menurunkan IQ, Waspadai Pengaruhnya pada Otak

Sebarkan artikel ini
10 Makanan yang digunakan Dapat Menurunkan IQ, Waspadai Pengaruhnya pada Otak

JAKARTA – Ada beberapa makanan yang digunakan dapat menurunkan IQ (Intelligence Quotient) tanpa disadari. Meski terasa enak, makanan ini bisa jadi memengaruhi kinerja otak, terlebih apabila dikonsumsi pada jumlah agregat berlebihan.

IQ adalah ukuran kemampuan intelektual seseorang. Meskipun berbagai faktor yang mana memengaruhi IQ, di antaranya genetik juga lingkungan, pola makan juga berperan penting pada kebugaran otak.

Untuk mempertahankan IQ kemudian kemampuan intelektual kekal optimal, penting untuk memilih makanan yang tersebut segar juga bergizi. Makanan segar, kaya akan antioksidan, vitamin, dan juga mineral, seperti buah-buahan, sayuran, ikan berlemak, juga biji-bijian, sangat direkomendasikan untuk mengupayakan keseimbangan otak.

Hindari atau batasi konsumsi makanan yang dapat berdampak negatif pada otak untuk melakukan konfirmasi fungsi kognitif yang dimaksud optimal sepanjang hidup. Berikut adalah 10 makanan yang tersebut dapat menurunkan IQ seperti dilansir dari Medical News Today, Hari Senin (24/6/2024).

Makanan yang mana Dapat Menurunkan IQ

1. Makanan Olahan juga Junk Food

Makanan olahan juga junk food rutin kali tinggi gula, garam, lemak jenuh, juga substansi kimia aditif. Kandungan ini dapat menyebabkan peradangan lalu kerusakan pada sel-sel otak. Studi menunjukkan bahwa konsumsi berlebihan junk food dapat mengganggu fungsi kognitif serta menurunkan kemampuan belajar.

Contoh makanan olahan juga junk food yang harus dihindari adalah keripik, kentang goreng, pizza, burger, dan juga makanan cepat saji lainnya.

2. Minuman Manis

Minuman yang tersebut lebih tinggi gula, seperti soda, minuman energi, lalu jus buah dengan tambahan gula, dapat meningkatkan risiko ketahanan insulin di dalam otak. Hal ini dapat mengganggu kemampuan memori juga keterampilan kognitif lainnya.

Minuman yang dimaksud meliputi soda, minuman energi, jus buah kemasan, serta minuman kopi berperisa.

3. Makanan Tinggi Lemak Trans

Lemak trans yang digunakan ditemukan di makanan olahan dapat menyebabkan peradangan serta kecacatan pada sel-sel otak. Lemak ini juga dapat mengganggu komunikasi antara sel-sel otak, yang mana pada gilirannya dapat menurunkan fungsi kognitif.

Contoh makanan ini ke antaranya margarine, makanan panggang kemasan, kerupuk, lalu beberapa makanan cepat saji.

4. Makanan Tinggi Garam

Konsumsi garam yang tersebut berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah dan juga membinasakan pembuluh darah, di antaranya yang digunakan ada ke otak. Ini adalah dapat menyebabkan penurunan kognitif lalu mempengaruhi kemampuan memori.

Artikel ini disadur dari 10 Makanan yang Dapat Menurunkan IQ, Waspadai Pengaruhnya pada Otak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *