Lifestyle

FSB 2024 tampilkan ragam seni budaya nusantara serta UMKM 

29
×

FSB 2024 tampilkan ragam seni budaya nusantara serta UMKM 

Sebarkan artikel ini
FSB 2024 tampilkan ragam seni budaya nusantara dan juga UMKM 

Ibukota Indonesia – Mitra Seni Indonesia (MSI) tahun ini kembali mengatur Festival Seni kemudian Bazaar (FSB) menampilkan keanekaragaman seni budaya nusantara yang dimaksud dihadiri oleh 80 item perniagaan Mikro Kecil juga Menengah (UMKM) di rangka memeriahkan ulang tahun ke-497 Jakarta, Hari Anak Nasional juga menyambut Hari Kebaya Nasional.

Melalui informasi pers yang dimaksud diterima, Kamis, Kementerian Peluang Usaha Pariwisata lalu Perekonomian Kreatif Sandiaga Salahudin Uno di sambutannya mengapresiasi kompetisi Festival Seni dan juga Bazaar ini lantaran sanggup berubah menjadi event memperkenalkan seni lalu budaya sekaligus pelestarian budaya.

“Kegiatan ini merupakan salah satu sarana mengangkat nama Negara Indonesia lalu memperkenalkannya secara luas. Acara mirip harus banyak diadakan dengan menggerakkan komunitas yang tersebut ada di dalam Indonesia. Dengan demikian MSI dapat berubah menjadi penggerak seni serta budaya,” kata Menteri Sandi.

Sementara itu Ketua Umum Mitra Seni Nusantara Sari Ramdani, menyatakan kegiatan ini merupakan yang mana ketiga kalinya diadakan dengan menampilkan kolaborasi pelatihan seni MSI dengan beragam tarian Nusantara, mulai dari musik tradisional kolintang, angklung bahkan maestro kolintang.

Menurut Sari Ramdani, anggota Mitra Seni Indonesi pada waktu ini mencapai 900 khalayak lebih lanjut terdiri menghadapi usia muda hingga yang mana tertua adalah 86 tahun. Ini adalah membuktikan seni dihargai lalu bisa jadi dinikmati beraneka kalangan.

“Seni bersifat universal. Karya seni dapat dinikmati oleh siapa sekadar tidak ada bergantung RAS, Bahasa, negara serta juga perbedaan. Melalui seni serta budaya kita dapat dipersatukan,” tegas Sari Ramdani.

Berbagai perubahan serta kreativitas yang tersebut dihasilkan pelaku industri kreatif memerlukan wadah untuk mengekspresikan karyanya, salah satunya melalui Bazar kemudian pameran. Sari berharap FSB dapat menggerakkan pelaku ekonomi kreatif bersinergi dengan pelaku budaya.

Acara ini dibuka oleh Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi DKI DKI Jakarta Iwan Hendri Wardhana pada Gedung Lembaga Pengembangunan Lembaga Keuangan Negara Indonesia (LPPI) Kemang Ibukota Selatan Kamis (27/6). Penggiat Budaya Iwet Ramadhan tampil di bincang bincang memaknai Indonesi melalui karya seni.

Festival Seni kemudian Budaya 2024 yang digunakan berlangsung empat hari, mengangkat Budaya Betawi yang mana dimeriahkan Gambang Kromong pada hari pertama, serta Budaya Jawa pada hari kedua, budaya Sulawesi Selatan pada hari ketiga, dan juga budaya nusantara pada hari keempat.

Festival Seni serta Bazar MSI yang digunakan juga didukung I-Radio Jakarta, mengundang anak-anak disabilitas down syndrome untuk berpartisipasi pada kegiatan berkesenian. Sebanyak 50 anak anak yang dimaksud akan memainkan angklung, bernyanyi dan juga menari Ondel ondel, sehingga dia akan menyatu pada seni.

Dalam rangka menyambut Hari Kebaya Nasional pertama yang tersebut akan jatuh tanggal 24 Juli, MSI juga siap menyambut kegiatan yang disebutkan dengan mengadakan talk show dengan Pengurus Kowani juga melakukan Parade Kebaya yang semua direalisasikan pada FSB 2024 ini. 

Artikel ini disadur dari FSB 2024 tampilkan ragam seni budaya nusantara dan UMKM 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *