Kesehatan

Hal ini cara simpan susu yang digunakan baik menurut dietisien

18
×

Hal ini cara simpan susu yang digunakan baik menurut dietisien

Sebarkan artikel ini
Hal ini cara simpan susu yang digunakan digunakan baik menurut dietisien

Ibukota – Dietisien dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Fitri Hudayani memaparkan menyimpan susu sesuai dengan jenisnya akan melindungi kualitas kemudian nilai gizi sehingga masih mendapat faedah sehat dari konsumsi susu.

“Penyimpanan susu tergantung dengan jenisnya, apabila susu bubuk sebaiknya disimpan di tempat yang dimaksud tertutup, kering dan juga kedap dengan suhu sejuk kurang dari 30 derajat celsius, untuk susu cair sebaiknya disimpan pada suhu chiller (lemari pendingin) kurang dari 8 derajat celsius,” kata Fitri melalui wawancara daring untuk ANTARA, Rabu.

Fitri mengatakan, untuk susu cair yang telah dalam pasteurisasi bisa saja dipanaskan dengan suhu lebih banyak dari 60 derajat celsius untuk menghilangkan bakterinya. Namun Fitri menyarankan susu tidak ada dipanaskan pada suhu lebih banyak dari 100 derajat celsius. Hal ini untuk menjaga dari denaturasi protein sehingga kualitas susu akan menurun.

Mengenai penyajiannya, Fitri mengungkapkan susu mampu dikonsumsi dingin atau hangat tergantung dari selera, tetapi harus permanen memperhatikan jenis susu, keamanan kemasan kemudian nilai gizinya agar kekal terjaga.

“Susu sanggup disajikan pada keadaan dingin maupun hangat, bisa jadi menyesuaikan dengan selera tetapi harus memperhatikan jenis susu, keamanan serta nilai gizi masih terjaga,” katanya.

Sementara itu, Fitri mengemukakan susu bisa jadi dikonsumsi kapan belaka didampingi dengan makanan pokok lainnya. Ia mengungkapkan susu merupakan sumber energi yang dimaksud dapat memenuhi keperluan harian serta juga dapat mendapat protein juga lemak sebagai pelengkap nutrisi tubuh yang digunakan baik.

Maka itu ia memaparkan tiada ada anjuran khusus berapa berbagai susu yang dimaksud harus dikonsumsi serta tergantung dari keperluan gizi seseorang.

“Susu juga merupakan sumber mineral khususnya kalsium yang baik untuk kesehatan tulang,” tambah Fitri.

Sebelumnya sempat popular dalam media sosial X, sebuah video yang mana memperlihatkan pribadi ibu pelanggan minimarket memarahi petugasnya sebab susu yang dalam belinya tidak ada dingin.

Hal ini mengundang beraneka komentar dari warganet, berbagai yang tersebut mengungkapkan bahwa tidaklah semua susu di sediakan pada keadaan dingin pada minimarket, terlebih yang mana berukuran satu liter.

Artikel ini disadur dari Ini cara simpan susu yang baik menurut dietisien

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *