Internasional

Swiss undang 160 delegasi pada konferensi damai Ukraina, tanpa Rusia

13
×

Swiss undang 160 delegasi pada konferensi damai Ukraina, tanpa Rusia

Sebarkan artikel ini
Swiss undang 160 delegasi pada konferensi damai Ukraina, tanpa Rusia

Jenewa – pemerintahan Swiss pada Kamis menyatakan sudah mengundang 160 delegasi dari seluruh dunia untuk hadir di konferensi perdamaian tanah Ukraina yang digunakan akan diselenggarakan pada Juni berhadapan dengan permintaan Kiev, namun Rusia belum mendapat undangan.

Dalam rilis pers Departemen Federal Urusan Luar Negeri, dikatakan bahwa para delegasi undangan mencakup anggota G7, G20, BRICS, EU, beberapa organisasi internasional, dan juga dua perwakilan keagamaan.

Kongres yang disebutkan bertujuan untuk membentuk formula perdamaian yang digunakan diusung Presiden negara Ukraina Volodymyr Zelenskyy juga beberapa usulan lain berdasarkan Piagam PBB kemudian prinsip-prinsip utama hukum internasional.

Formula perdamaian 10 poin yang digunakan disampaikan pada akhir 2022 itu antara lain menyangkut upaya pengusiran seluruh pasukan Rusia dari Ukraina.

“Tujuan utama dari pertandingan puncak ini adalah untuk menginspirasi proses perdamaian pada masa depan,” kata pemerintah Swiss.

Pernyataan yang disebutkan mengungkapkan “Swiss miliki tradisi panjang di menggalakkan dialog” dan juga “oleh lantaran itu menganggap pertukaran pandangan berbeda mengenai jalan menuju perdamaian ke tanah Ukraina merupakan hal yang mana sangat penting.”

Pertemuan akan berlangsung pada 15-16 Juni di dalam Burgenstock, yaitu gunung Swiss dalam wilayah Nidwalden.

Hingga ketika ini, Rusia belum mendapat undangan. Namun, Kemenlu Swiss mengatakan Jenewa terbuka untuk menyampaikan undangan.

Rusia sudah pernah berulang kali mengomentari konferensi tersebut. Menurut Moskow, konferensi itu tak ada tujuan tanpa partisipasi negaranya.

“Tanpa partisipasi Rusia, bagaimana kita bisa jadi mengharapkan diskusi substantif juga hasil yang berarti? Inisiatif ini tampaknya memiliki kelemahan,” kata juru bicara Kremlin –kantor presiden Rusia– Dmitry Peskov pada Kamis.

Rusia meluncurkan "operasi militer khusus" dalam negara Ukraina pada 24 Februari 2022. Perundingan perdamaian secara langsung diadakan pada beberapa minggu pertama konflik, tapi tanpa hasil apa pun.

Sumber: Anadolu

 

Putin: Kita harus pikirkan bagaimana hentikan 'tragedi' pada Ukraina

Artikel ini disadur dari Swiss undang 160 delegasi pada konferensi damai Ukraina, tanpa Rusia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *