Berita

Ini adalah Alasan Kemenag Perpendek Masa Kerja Petugas Haji 2024

12
×

Ini adalah Alasan Kemenag Perpendek Masa Kerja Petugas Haji 2024

Sebarkan artikel ini
Ini adalah adalah Alasan Kemenag Perpendek Masa Kerja Petugas Haji 2024

MADINAH – Kementerian Agama (Kemenag) menyampaikan alasan memperpendek masa kerja personel haji di beberapa jumlah layanan haji ke musim haji 2024 . Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menurunkan masa tugas beberapa orang layanan tim haji pada musim haji 1445 Hijriah/2024 Masehi.

Langkah pengurangan masa tugas ini untuk mengantisipasi adanya kejenuhan serta kelelahan para anggota yang dimaksud menjalankan rutinitas layanan untuk jemaah. Gus Men, sapaan Yaqut Cholil Qoumas menilaibanyak pertimbangan dari hasil evaluasi layanan haji tahun sebelumnya.

Gus Men memaklumi tugas berat sekitar 72 hari mesti dilaksanakan dengan formula baru tanpa menurunkan kualitas pelayanan.

“Salah satunya tingkat kejenuhan, sebab kalau kita tiada segera mengambil alternatif yang digunakan berbeda, kita kasihan juga kan, manusiawi. Masa 72 hari itu terlalu panjang untuk berpisah dengan keluarga, dengan berbagai hal tanggung jawab yang di Tanah Air,” ujar Menag Yaqut ke Kantor Urusan Haji Indonesia di Madinah, Kamis (9/5/2024) malam.

“Maka, kita mencari inisiatif-inisiatif yang mana memungkinkan masa tugas para anggota haji. Haji ini diperpendek tanpa menurunkan layanan yang digunakan diberikan untuk jemaah,” sambungnnya.

Kemenag juga berdiskusi dengan Menteri Haji kemudian Umrah Arab Saudi Tawfiq Fauzan Al-Rabiah. Isinya pada antaranya memohon tambahan tenaga tim haji dari Arab Saudi untuk mengganti masa kerja tenaga Indonesia.

“Saya ketemu dengan Menteri Haji juga Umrah Arab Saudi untuk meminta-minta tambahan pelaku haji. Ini adalah direalisasikan agar kita bisa saja melakukan shifting berhadapan dengan anggota yang mana ada ini,” katanya.

Rencananya, tim Indonesia akan dibantu tenaga pelaku baru yang masa tugasnya akan berbagi. Contohnya masa kepulangan jemaah, sebagian pelaku haji Tanah Air dapat dengan segera kembali ke Tanah Air lalu digantikan anggota Arab Saudi.

Petugas untuk daker bandara serta Madinah telah dilakukan tiba di dalam Arab Saudi sejak 8 Mei lalu. Mereka miliki waktu jeda untuk mempersiapkan diri melayani kedatangan jemaah gelombang pertama jika Tanah Air pada 12 Mei. Rencana pemulangan jemaah haji ke Tanah Air, para personel akan kembali paling lama 27 Juli mendatang.

Artikel ini disadur dari Ini Alasan Kemenag Perpendek Masa Kerja Petugas Haji 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *