Berita

9 Komjen Polisi yang mana Baru Mendapat Pangkatnya pada Tahun 2023, Salah Satunya Mantan Kepala Densus 88

7
×

9 Komjen Polisi yang mana Baru Mendapat Pangkatnya pada Tahun 2023, Salah Satunya Mantan Kepala Densus 88

Sebarkan artikel ini
9 Komjen Polisi yang digunakan mana Baru Mendapat Pangkatnya pada Tahun 2023, Salah Satunya Mantan Kepala Densus 88

JAKARTA – Terdapat sembilan Komjen Polisi atau perwira membesar (Pati) Polri bintang tiga yang baru mendapatkan pangkatnya pada tahun 2023. Untuk pada waktu ini terdapat total 15 Pati Polri yang sudah pernah menyandang pangkat jenderal bintang tiga.

Pangkat Komisaris Jenderal atau Komjen pada Polri dapat dibilang sebagai pangkat yang tertinggi, dikarenakan pangkat Jenderal Polisi belaka dimiliki oleh Pati yang dimaksud menjabat sebagai Kapolri saja.

Terdapat 15 tempat yang dapat ditempati oleh Komjen Polisi. Tujuh pada antaranya berada ke bangunan organisasi Polri lalu sisanya ada ke luar bentuk organisasi Polri.

9 Komjen Polisi yang dimaksud Baru Mendapat Pangkatnya ke Tahun 2023

1. Komjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho

Komjen Rudy pada 11 Desember 2023 didapuk sebagai Sekretaris Jenderal Kementerian Kelautan serta Perikanan Republik Indonesia. Dari jabatannya itulah beliau naik pangkat berubah menjadi Komjen. Sebelumnya, Rudy merupakan Pati Polri bintang dua atau Irjen yang digunakan menjabat sebagai Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Banten.

2. Komjen Pol Marthinus Hukom

Alumni Akpol 1991 ini mendapatkan pangkat Komjen Polisi pada saat mendapat jabatan sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) pada 8 Desember 2023. Sebelumnya, pria kelahiran 30 Januari 1969 yang dimaksud menduduki sikap Kadensus 88 AT Polri berpangkat Irjen Polisi. Jabatan itu diembannya sejak tahun 2020 lalu.

3. Komjen Pol Putu Jayan Danu Putra

Selanjutnya ada Komjen Putu yang dimaksud baru mendapatkan pangkat bintang tiga saat menjabat sebagai Wakil Kepala Badan Siber kemudian Sandi Negara pada 31 Juli 2023. Ketika masih berpangkat Irjen, Putu sempat menduduki tempat Kapolda Bali sejak tahun 2020 silam.

4. Komjen Pol Ridwan Zulkarnain Panca Putra Simanjuntak

Ridwan Zulkarnain Panca Putra Simanjuntak mendapatkan pangkat Komjen Polisi saat menduduki sikap Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional pada 8 September 2023. Lulusan Akpol 1990 ini sebelumnya sempat menjabat sebagai Kapolda Sumatera Utara.

5. Komjen Pol Mohammad Fadil Imran

Komjen Fadil Imran mendapatkan pangkat jenderal tiganya ketika diangkat bermetamorfosis menjadi Kepala Badan Pemelihara Security (Kabaharkam) Polri pada 27 Maret 2023, setelahnya sebelumnya ia menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya sejak tahun 2020.

6. Komjen Pol Wahyu Widada

Komjen Pol Wahyu Widada juga mendapatkan pangkat bintang tiganya pada tahun 2023, tepatnya ke tanggal 26 Februari, pada saat menduduki sikap Kepala Badan Intelijen lalu Keselamatan (Kabaintelkam) Polri. Kemudian di tanggal 24 Juni beliau terkena mutasi untuk menjabat sebagai Kabareskrim Polri.

7. Komjen Pol Suntana

Komjen Pol. Suntana yang tersebut saat ini menjabat sebagai Kabaintelkam Polri, telah lama mendapat pangkat jenderal bintang tiga sejak menduduki tempat Wakil Kepala BSSN pada 27 Maret 2023. Sebelumnya, ia pernah menjabat sebagai Kapolda Jawa Barat.

8. Komjen Pol Purwadi Arianto

Selanjutnya ada Komjen Pol Purwadi yang mana mendapat pangkatnya pasca menjabat sebagai Kepala Lembaga Pendidikan serta Pendidikan (Kalemdiklat) Polri sejak 27 Maret 2023. Sebelumnya, beliau sempat mengemban amanat sebagai Sestama Lemhannas RI sejak tahun 2021.

9. Komjen Pol Imam Widodo

Terakhir, ada nama Komjen Pol Imam Widodo yang tersebut merupakan mantan Wakil Komandan Korps Brimob. Pada 14 Oktober 2023 dirinya kemudian diangkat menjadi Komandan Korps Brimob, sehingga mendapatkan pangkat baru sebagai Komjen Polisi.

Artikel ini disadur dari 9 Komjen Polisi yang Baru Mendapat Pangkatnya di Tahun 2023, Salah Satunya Mantan Kepala Densus 88

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *