Berita

Gunung Ibu dalam Maluku Utara Erupsi, Letusan 4.000 Satuan Pengukuran di dalam Atas Puncak

30
×

Gunung Ibu dalam Maluku Utara Erupsi, Letusan 4.000 Satuan Pengukuran di dalam Atas Puncak

Sebarkan artikel ini
Gunung Ibu pada Maluku Utara Erupsi, Letusan 4.000 Satuan Pengukuran di di Atas Puncak

JAKARTA – Gunung Ibu ke Halmahera Barat, Maluku Utara kembali mengalami erupsi pada dini hari tadi, Hari Sabtu (11/5/2024), pukul 00.24 WIT. Pusat Vulkanologi kemudian Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan tinggi letusan 4.000 meter pada menghadapi puncak.

“Terjadi erupsi Gunung Ibu pada hari Sabtu, 11 Mei 2024, pukul 00:24 WIT. Tinggi kolom letusan teramati ± 4.000 m dalam melawan puncak (± 5325 m ke menghadapi permukaan laut),” ujar Petugas Pos Gunung Api, Axl Roeroe pada keterangannya, hari terakhir pekan (10/5/2024).

Axl mengungkapkan kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah utara dan juga barat laut. Saat laporan ini dibuat, erupsi masih berlangsung.

Sementara itu, Axl memohon agar warga ke sekitar Gunung Ibu kemudian pengunjung atau wisatawan agar tiada beraktivitas di di radius 2,0 km kemudian perluasan sektoral berjarak 3,5 km ke arah bukaan kawah di bagian utara dari kawah berpartisipasi Gunung Ibu.

“Jika berjalan hujan abu, rakyat yang digunakan beraktivitas ke luar rumah disarankan untuk menggunakan pelindung hidung, mulut (masker), juga mata (kacamata),” imbaunya.

Artikel ini disadur dari Gunung Ibu di Maluku Utara Erupsi, Letusan 4.000 Meter di Atas Puncak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *