Berita

Apa Perbedaan Mabes Polri, Polda, Polres, kemudian Polsek? Hal ini Penjelasannya!

27
×

Apa Perbedaan Mabes Polri, Polda, Polres, kemudian Polsek? Hal ini Penjelasannya!

Sebarkan artikel ini
Apa Perbedaan Mabes Polri, Polda, Polres, kemudian Polsek? Hal ini Penjelasannya!

JAKARTA – Perbedaan Mabes Polri , Polda, Polres, dan juga Polsek bermetamorfosis menjadi ulasan mengejutkan untuk diketahui. Masing-masing merupakan bagian dari tingkatan kerangka organisasi Polri .

Kepolisian Negara Republik Nusantara (Polri) merupakan lembaga penegak hukum pada Indonesia. Pada susunan organisasinya, lembaga ini disusun secara berjenjang dari tingkat pusat sampai kewilayahan.

Secara singkat, organisasi ke tingkat pusat disebut Markas Besar (Mabes) Polri. Sementara untuk tingkat wilayah, strukturnya terbagi di tiga bagian, yakni Kepolisian Daerah (Polda) untuk tingkat provinsi, Kepolisian Resor (Polres) untuk tingkat kabupaten/kota, juga Kepolisian Industri (Polsek) untuk wilayah kecamatan.

Lantas, apa perbedaan antara Mabes Polri, Polda, Polres, dan juga Polsek sebagaimana disebutkan di dalam atas? Berikut ini ulasannya.

Perbedaan Mabes Polri, Polda, Polres, juga Polsek

1. Mabes Polri

Apa Perbedaan Mabes Polri, Polda, Polres, lalu Polsek? Ini adalah Penjelasannya!

FOTO/IST

Pertama, ada Markas Besar Kepolisian Negara Republik Nusantara atau biasa dikenal Mabes Polri. Pada rangka organisasi Polri, Mabes Polri ini berada dalam tingkatan pusat.

Mengutip laman Humas Polri, unsur pimpinan Mabes Polri adalah Kepala Kepolisian Negara Republik Nusantara (Kapolri). Seorang Kapolri berada di bawah lalu bertanggung jawab terhadap Presiden Republik Indonesia.

Pada jabatannya, sikap Kapolri ditempati seseorang berpangkat Jenderal Polisi atau bintang 4. Saat ini, jabatan Kapolri ditempati Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

Lebih jauh, manusia Kapolri pada tugasnya dibantu oleh Wakapolri. Posisinya pada unsur pimpinan juga membawahi bagian lain seperti Unsur Pengawasan dan juga Pembantu Pimpinan, Unsur Pelaksana Pekerjaan Pokok, Unsur Pendukung hingga Unsur Pelaksana Level Kewilayahan.

2. Polda

Apa Perbedaan Mabes Polri, Polda, Polres, serta Polsek? Hal ini Penjelasannya!

FOTO/DOK.POLRI

Pada susunan organisasi Polri, Kepolisian Daerah (Polda) berada pada tingkat kewilayahan. Bagian ini bermetamorfosis menjadi satuan pelaksana utama Kewilayahan yang mana berada di bawah Kapolri.

Artikel ini disadur dari Apa Perbedaan Mabes Polri, Polda, Polres, dan Polsek? Ini Penjelasannya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *