Berita

Istana Masih Godok Nama-nama Pansel Capim KPK

30
×

Istana Masih Godok Nama-nama Pansel Capim KPK

Sebarkan artikel ini

JAKARTA – Istana mengungkapkan bahwa anggota panitia seleksi (Pansel) calon pimpinan serta badan pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih pada tahapan pematangan. Pihaknya memperhatikan masukan serta harapan dari masyarakat.

“Nama-nama calon anggota Pansel Capim kemudian Dewas KPK masih terus digodok dengan memperhatikan harapan-harapan komunitas untuk mendapatkan anggota Pansel yang dimaksud kredibel serta berintegritas,” ujar Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana di keterangannya, Hari Jumat (10/5/2024).

Ari mengungkapkan bahwa Pansel Capim KPK akan berjumlah sembilan orang.

“Adapun keanggotaan Pansel yang disebutkan akan berjumlah 9 pendatang yang tersebut terdiri dari 5 pendatang dari unsur pemerintah lalu 4 warga dari unsur rakyat yang tersebut akan ditetapkan melalui Keputusan Presiden,” jelas Ari.

Diberitakan sebelumnya, Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengungkapkan bahwa panitia seleksi (Pansel) calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan disampaikan pada bulan ini. Saat ini langkah-langkah pembentukan masih berjalan.

Namun, Ari bukan membeberkan secara rinci siapa belaka calon-calon yang dimaksud akan berubah menjadi Pansel Capim KPK tersebut.

“Pembentukan Pansel Capim KPK masih di proses yang mana rencananya akan disampaikan pada bulan ini,” kata Ari pada keterangannya, Rabu (8/5/2024).

Perlu diketahui, bahwa pimpinan KPK akan habis masa jabatan pada akhir tahun 2024. Seharusnya, pimpinan KPK belaka menjabat selama 4 tahun juga berakhir ke tahun kemarin 2023. Namun, Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan permohonan Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron untuk menambah masa berlaku masa jabatan hingga 5 tahun serta akan berakhir tahun ini.

Artikel ini disadur dari Istana Masih Godok Nama-nama Pansel Capim KPK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *