Berita

Kenang Salim Said, Mahfud MD Mengaku Pernah Dapat Kuliah Singkat Soal Perlindungan

33
×

Kenang Salim Said, Mahfud MD Mengaku Pernah Dapat Kuliah Singkat Soal Perlindungan

Sebarkan artikel ini
Kenang Salim Said, Mahfud MD Mengaku Pernah Dapat Kuliah Singkat Soal Perlindungan

JAKARTA – Mahfud MD menyampaikan belasungkawa menghadapi meninggalnya Salim Said. Salim Said wafat di dalam usia ke-80 tahun ketika sedang dirawat dalam Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), DKI Jakarta Pusat pada Hari Sabtu malam, 18 Mei 2024.

“Inna lillah wa inna ilaihi raji’un. Telah wafat Prof. Salim Said, Hari Sabtu malam, 18/5/24. Semoga husnul khatimah,” tulis Mahfud MD dalam akun Instagramnya pribadinya pada Akhir Pekan (19/5/2024).

Mahfud MD kemudian berbagi sedikit cerita tentang kenangan yang pernah dialaminya dengan almarhum Salim Said. Kala itu dirinya diminta Presiden Gus Dur berubah menjadi Menteri Perlindungan (Menhan).

Awalnya Mahfud MD ragu sebab tidaklah mempunyai pengalaman mirip sekali lalu bukan memilik latar belakang militer. Gus Dur memberikan saran untuk belajar dengan Susilo Bambang Yudhoyono dhoyono (SBY).

“Sekelumit kenangan, ketika Presiden Gus Dur memohonkan saya untuk berubah menjadi Menteri Pertahanan, saya bilang terhadap Gus Dur bahwa saya tidak ada punya latar belakang studi juga pengalaman di Lingkup Pertahanan, TNI, juga Militer,” kata Mahfud MD.

“Memulai dengan gurauan Gus Dur bilang, “Saya juga tidak ada punya latar belakang lalu pengalaman jadi Presiden, dapat kok. Belajar semata sebentar terhadap Pak Yudhoyono,” jawab Gus Dur. Pak Yudhoyono adalah panggilan untuk Pak SBY kala itu,” jelasnya.

Selain SBY, ada beberapa jumlah nama lain yang tersebut ahli pada bidang keamanan dan juga ABRI pada waktu ini bernama TNI. Kemudian selesai dilantik Mahfud MD memanggil beberapa nama untuk datang ke rumahnya memberikan kuliah singkat.

“Nah, pasca dilantik sebagai Menhan saya secara langsung mengundang satu persatu ke rumah beberapa Ahli seperti Sayidiman Suryohadiprojo, Salim Said, serta Hasnan Habib untuk memberi kuliah singkat untuk saya,” jelasnya.

Sejak pada waktu itu, Mahfud mengaku mulai berteman dengan Salim Said. Dia kerap terlibat pada satu forum untuk memberikan tanggapan berhadapan dengan buku yang tersebut dikarang oleh Salim Said atau mengawasi doa.

“Sejak itu saya berubah menjadi bersahabat juga kerap terlibat di beragam forum dengan Salim Said. Saya kerap diundang untuk mengambil bagian mendiskusikan atau mengatur doa di peluncuran buku-bukunya yang mana baru. Selamat jalan, Bung Salim Said,” tutup Mahfud.

Artikel ini disadur dari Kenang Salim Said, Mahfud MD Mengaku Pernah Dapat Kuliah Singkat Soal Pertahanan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *