Berita

Arti Baret Hijau Dalam Militer Indonesi yang Identik dengan TNI AD

30
×

Arti Baret Hijau Dalam Militer Indonesi yang Identik dengan TNI AD

Sebarkan artikel ini
Arti Baret Hijau Dalam Militer Indonesi yang mana Identik dengan TNI AD

JAKARTA – Arti baret hijau dapat memberikan informasi terkait satuan yang digunakan ada pada TNI AD . Di TNI, baret miliki warna yang mana berbeda-beda untuk setiap kesatuannya.

Baret merupakan topi berbentuk lingkaran pipih yang berubah jadi sebuah kebanggaan pasukan TNI. Untuk mendapatkan baret bagi seseorang prajurit tentu bukanlah perkara mudah.

Sebab, ada beberapa baret yang mana harus diperoleh melalui pelatihan keras. Dalam TNI, terdapat beberapa warna baret yang digunakan berubah menjadi identitas suatu kesatuan.

Misalnya, baret merah untuk kesatuan Kopassus, baret biru yang digunakan dikenakan Polisi Militer, baret jingga yang mana dipakai Korps Tim Khas (Kopaskhas), hingga baret hitam yang digunakan digunakan pasukan Kavaleri.

Arti Baret Hijau

Tidak seperti baret berwarna lain yang digunakan penggunaannya khusus untuk kesatuan tertentu, baret hijau pada militer Tanah Air ini sifatnya tambahan umum.

Karena baret ini berbagai digunakan ke lingkungan Markas Besar TNI AD, Markas Kodam, dan juga satuan teritorial seperti Kodim dan juga Koramil. Baret yang tersebut digunakan ini memiliki warna hijau terang dengan simbol Kartika Eka Paksi yakni lambang burung Garuda dengan perisai Merah Putih lalu satu bintang pada atasnya.

Selain itu, baret hijau juga digunakan kecabangan Infanteri dari tingkat Pusat Kesenjataan Infanteri (Pusenif) hingga tingkat pasukan yaitu Batalyon Infanteri.

Tidak semata-mata itu, satuan tempur terbesar TNI AD yaitu Kostrad juga turut menggunakan baret berwarna hijau. Namun, untuk satuan ini warna hijau yang tersebut digunakan cenderung lebih besar tua.

Karena itulah baret hijau sangat identik dengan matra TNI AD oleh sebab itu sejumlah kesatuan merek yang dimaksud menggunakan warna baret ini.

Artikel ini disadur dari Arti Baret Hijau Dalam Militer Indonesia yang Identik dengan TNI AD

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *