Berita

Kemenag Laporkan 41.189 Jemaah Haji Indonesia Sudah Tiba pada Madinah

9
×

Kemenag Laporkan 41.189 Jemaah Haji Indonesia Sudah Tiba pada Madinah

Sebarkan artikel ini
Kemenag Laporkan 41.189 Jemaah Haji Indonesia Sudah Tiba pada Madinah

JAKARTA – Kementerian Agama (Kemenag) menyebutkan jumlah total calon jemaah haji jika Negara Indonesia yang sudah ada tiba pada Madinah sebanyak-banyaknya 41.189 orang. Hal itu berdasarkan laporan anggota pelaksana ibadah haji (PPIH) Arab Saudi pada Hari Jumat 17 Mei 2024 atau pada hari Hari Sabtu (18/5/2024) pukul 01.00 WIB.

Tim Industri Media Center Kemenag, Widi Dwinanda menyebutkan puluhan ribu calon jemaah haji Indonesi itu tiba dalam Madinah melalui Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA).

“Jemaah haji yang tersebut telah tiba melalui Bandara Amir Bin Abdul Aziz Madinah berjumlah 41.189 pemukim yang mana terbagi pada 170 kelompok terbang,” ujar Widi melalui pernyataan persnya, Hari Sabtu (18/5/2024).

Windi juga menyebutkan jumlah agregat jemaah haji Indonesia yang digunakan wafat pada Madinah. “Jumlah jemaah haji yang digunakan wafat ke Madinah secara keseluruhan hingga hari ini yaitu sebanyak-banyaknya empat orang,” jelasnya.

Sekadar informasi, operasional penyelenggaraan ibadah haji memasuki hari keenam setelahnya dimulai pada 12 Mei lalu. Tahun ini, Indonesi mendapat kuota sebanyak-banyaknya 241 ribu jemaah haji yang mana sekaligus menjadikan kuota terbesar sepanjang pelaksanaan ibadah haji dalam Indonesia.

Dari jumlah agregat tersebut, terbagi berubah menjadi 213.320 jemaah haji reguler kemudian 27.680 jemaaah haji khusus. Jemaah haji reguler tersebut, terbagi di 554 kloter yang mana akan diberangkatkan secara bertahap pada dua gelombang.

Gelombang pertama, jemaah haji akan tinggal terlebih dahulu pada Madinah selama sekitar sembilan hari sebelum menjalani puncak haji di Makkah.

Gelombang kedua jemaah haji akan diberangkatkan dengan segera ke Makkah untuk menjalani puncak haji berikutnya ke Madinah.

Artikel ini disadur dari Kemenag Laporkan 41.189 Jemaah Haji Indonesia Sudah Tiba di Madinah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *