Berita

Salat Zuhur dalam Masjid Quba, Masjid Pertama yang Dibangun Rasulullah

11
×

Salat Zuhur dalam Masjid Quba, Masjid Pertama yang Dibangun Rasulullah

Sebarkan artikel ini
Salat Zuhur pada Masjid Quba, Masjid Pertama yang digunakan Dibangun Rasulullah

MADINAH – Sinar mentari Madinah menyengat pada waktu saya menjejakkan kaki di dalam pelataran Masjid Quba mendekati Salat Zuhur. Suhu siang itu menunjukkan 39 derajat celcius.

Masjid Quba bermetamorfosis menjadi tujuan dari jemaah umrah maupun haji dari seluruh dunia. Namun, siang itu tidak ada banyak jemaah haji khususnya dari Indonesia yang tersebut tampak beribadah pada Masjid Quba.

Panas yang mana terik dengan suhu 39 derajat dapat jadi menciptakan jemaah dengan syarat Indonesia ke Masjid Quba. Biasanya jemaah haji Nusantara ke Masjid Quba pada pagi atau sore hari.

Masjid Quba adalah masjid pertama yang digunakan dibangun Nabi Muhammad SAW ketika beliau hijrah dari Makkah ke Madinah pada tahun 1 Hijriah atau 622 Masehi. Masjid ini terletak di Quba, sebuah kawasan pinggiran Madinah yang dimaksud berjarak sekitar 3 km dari pusat kota. Masjid ini juga berubah jadi awal sejarah salat jemaah.

Ketika berada dalam Masjid Quba, jemaah diingatkan untuk salat sunnah dua rakaat. “Dan, barang siapa yang digunakan salat sunnah 2 rakaat ke Masjid Quba, maka pahalanya sejenis dengan ibadah umrah satu kali. Maka sangat dianjurkan bagi umat Islam yang dimaksud sedang melaksanakan ibadah umrah ataupun haji untuk melaksanakan ibadah salat sunnah pada Masjid Quba.”

Hal ini sesuai dengan Sabda Rasulullah SAW, “Barang siapa yang pergi dari dari rumahnya kemudian datang ke masjid ini, yakni Masjid Quba kemudian salat di dalamnya, maka pahalanya seperti ia menjalankan umrah.” (Ibnu Majah).

Setelah mengelilingi Masjid Quba, pernyataan azan Zuhur berkumandang. Saya pun masuk Masjid Quba untuk mendirikan salat sunnah.

Tak lama berselang terdengar iqamah tanda salat Zuhur dimulai. Setelah selesai salat Zuhur lalu berdoa, saya bergegas kembali ke Masjid Nabawi untuk melanjutkan tugas melayani jemaah haji Indonesia.

Salat Zuhur pada Masjid Quba, Masjid Pertama yang Dibangun Rasulullah

Artikel ini disadur dari Salat Zuhur di Masjid Quba, Masjid Pertama yang Dibangun Rasulullah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *