Internasional

Gazalba Saleh Resmi Bebas dari Rutan KPK

14
×

Gazalba Saleh Resmi Bebas dari Rutan KPK

Sebarkan artikel ini
Gazalba Saleh Resmi Bebas dari Rutan KPK

JAKARTA – Hakim Agung nonaktif, Gazalba Saleh resmi pergi dari dari Rumah Tahanan (Rutan) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Hari Senin (27/5/2024) malam. Berdasarkan informasi yang tersebut dihimpun, Gazalba pergi dari dari Rutan KPK sekitar pukul 19.50 WIB.

Dalam kesempatan tersebut, Gazalba mengenakan topi juga masker putih yang menutupi wajahnya. Keluarnya Gazalba itu sudah ada ditunggu awak media.

Namun, ia enggan memberikan jawaban dari beberapa pertanyaan yang dimaksud ditujukan kepadanya.

Sebelumnya, Majelis Hakim Pengadilan Tipikor PN Ibukota Pusat, menerima nota keberatan atau eksepsi yang diajukan Hakim Agung nonaktif Gazalba Saleh.

Sidang persoalan hukum gratifikasi juga Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) yang tersebut menjerat Gazalba itu tak lanjut ke tahap pembuktian pokok perkara.

“Mengadili, satu, mengabulkan nota keberatan dari regu penasehat hukum Terdakwa Gazalba Saleh tersebut,” kata Ketua Majelis Hakim, Fahzal Hendri, dalam Ruang Sidang PN Tipikor, Jakarta, Hari Senin (27/5/2024).

Hakim mengungkapkan, surat dakwaan jaksa KPK bukan dapat diterima. Hakim mengumumkan jaksa KPK pada perkara Gazalba belum menerima surat perintah penunjukan pendelegasian kewenangan dari Jaksa Agung

“Namun jaksa yang dimaksud ditugaskan pada Komisi Pemberantasan Korupsi di hal ini Direktur Penuntutan KPK bukan pernah mendapatkan pendelegasian kewenangan penuntutan dari Jaksa Agung Republik Indonesi selaku penuntut umum tertinggi sesuai dengan asas single prosecution system,” ujarnya.

Hakim juga memerintahkan terhadap jaksa membebaskan Gazalba dari tahanan. Hakim menyatakan jaksa KPK dapat menyatakan banding berhadapan dengan putusan tersebut.

“Menyatakan penuntutan dan juga surat dakwaan penuntut umum tiada dapat diterima. Memerintahkan terdakwa Gazalba Saleh dibebaskan dari tahanan segera setelahnya putusan ini diucapkan,” jelasnya.

Artikel ini disadur dari Gazalba Saleh Resmi Bebas dari Rutan KPK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *