Berita

Pemberdayaan Berbasis Masjid, Publik Diharapkan Mandiri lalu Sejahtera

28
×

Pemberdayaan Berbasis Masjid, Publik Diharapkan Mandiri lalu Sejahtera

Sebarkan artikel ini

JAKARTA – Pemberdayaan berbasis masjid dinilai penting dilaksanakan untuk mewujudkan rakyat yang dimaksud mandiri dan juga sejahtera. Hal ini pun dijalankan lewat Inisiatif Masjid BSI Empowerment.

Program ini dirancang untuk memacu kemandirian masjid kemudian meningkatkan kesejahteraan kelompok mustahik melalui pemberdayaan berbasis masjid.

Salah satu kisah sukses dari kegiatan ini adalah pendampingan untuk unit bisnis rumah sangrai kopi lokal di dalam lingkungan Masjid Al Muhajirin, yaitu Alive Beans.

“Sejak dibantu lalu didampingi oleh BSI Maslahat melalui inisiatif sertifikasi halal, kami miliki rumah sangrai mandiri beserta mesinnya. Kami juga mendapatkan pendampingan dari sisi produksi kemudian pemasaran sehingga hasil penjualan kami meningkat,” ujar Alive, hari terakhir pekan (24/5/2024).

“Pihaknya berubah menjadi lebih besar percaya diri pada memasarkan produk-produk yang tersebut dihasilkan dari rumah sangrai. Selain itu, di upaya untuk terus berkembang, kami dapat memberikan partisipasi terhadap masjid,” tambahnya.

Sertifikasi halal juga menjadi suatu jaminan bahwa hasil yang dimaksud dijual atau dihasilkan oleh produsen telah dilakukan memenuhi standarisasi halal yang tersebut diakui. Hal ini juga penting bagi konsumen muslim yang dimaksud ingin memverifikasi bahwa makanan atau komoditas yang tersebut dia gunakan telah lama sesuai dengan aturan agama yang tersebut merekan anut.

Muhajirin Halal Center juga turut membantu para UMKM sekitar masjid bahkan membuka kesempatan untuk pelaku UMKM pada wilayah Perkotaan Bekasi yang mana ingin mengurus juga mendapatkan sertifikasi halal untuk produknya.

“Sampai dengan hari ini, ada sekitar 120 pelaku UMKM yang tersebut telah mendaftarkan sertifikasi halal pada Muhajirin Halal Center, dengan total yang digunakan sertifikatnya sudah ada terbit ada 80 UMKM,” ujar Salman, sekretaris Yayasan Al-Muhajirin yang digunakan juga menjadi pendamping UMKM di inisiatif sertifikasi halal masjid BSI empowerment.

Masjid, sebagai pusat pemberdayaan habitat muslim, memainkan peran krusial pada aspek kesejahteraan juga edukasi Islam yang digunakan berkaitan dengan kemaslahatan.

“Program Masjid BSI Empowerment ini membuktikan bahwa dengan dukungan dan juga pendampingan yang digunakan tepat, usaha-usaha lokal dapat mengalami perkembangan dan juga memberikan sumbangan signifikan bagi komunitasnya,” tutupnya.

Artikel ini disadur dari Pemberdayaan Berbasis Masjid, Masyarakat Diharapkan Mandiri dan Sejahtera

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *