Berita

Wakili Jokowi, Airlangga Hadiri Nikkei Pertemuan 2024 ke Negeri Sakura

59
×

Wakili Jokowi, Airlangga Hadiri Nikkei Pertemuan 2024 ke Negeri Sakura

Sebarkan artikel ini
Wakili Jokowi, Airlangga Hadiri Nikkei Pertemuan 2024 ke Negeri Sakura

JAKARTA – Menteri Koordinator Sektor Perekonomian Airlangga Hartarto mewakili Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Nikkei Diskusi 2024 di dalam Tokyo, Jepang. Kehadiran Airlangga dalam Jepun melanjutkan kunjungan kerja ke Republik Korea untuk meningkatkan hubungan bilateral lalu kerja serupa ekonomi untuk Indonesia.

Di Nikkei Pertemuan 2024 bertajuk ‘The Future of Asia 2024’, Airlangga turut di bagian Commermorative Dinner yang tersebut dibuka dengan sambutan dari Awal Menteri Jepang, Fumio Kishida. Pertemuan internasional yang diselenggarakan tiap tahun oleh Nikkei Inc sejak 1995 ini dianggap sebagai salah satu konferensi global terpenting di dalam Asia.

Para pimpinan politik, ekonomi, lalu akademisi dari kawasan Asia-Pasifik menyampaikan pendapat mereka secara terbuka juga bebas mengenai isu regional juga peran Asia di dalam dunia. Airlangga mengatakan, di pertarungan itu, PM Kishida menegaskan komitmennya untuk menyokong kegiatan unggulan Asia Zero Emision Community (AZEC) sama-sama ERIA, think thank ternama dalam Asia yang digunakan juga mempunyai kantor di Jakarta.

“AZEC yang tersebut pada Tanah Air merupakan kerja sejenis melalui Joint Commitee antara METI Negeri Matahari Terbit dengan Kemenko Perekonomian direncanakan menyelenggarakan Ministerial meeting di DKI Jakarta bulan Agustus tahun ini,” kata Ketua Umum Partai Golkar ini pada Tokyo, Kamis (23/5/2024) waktu setempat.

Selain sambutan dari PM Kishida kemudian para pemimpin politik, acara ini juga mencakup kumpulan diskusi panel yang dimaksud menampilkan para ahli dari bervariasi bidang.

Topik-topik yang dibahas antara lain kerja identik regional untuk merancang sistem ekologi digital, upaya Asia untuk mencapai nol karbon, peran Jepang, Amerika Serikat, kemudian Korea Selatan di keamanan regional di dalam Asia Timur Laut, kemudian sebagainya.

Indonesia, Jepang, kemudian ASEAN akan merumuskan strategi selama satu dekade ke depan di Nikkei Wadah yang dimaksud juga berubah menjadi wadah opini bergengsi dunia tersebut.

Acara ini juga dihadiri PM Negara Malaysia Anwar Ibrahim, PM Thailand Srettha Thavisin, Deputi PM Vietnam Le Minh Khai, Deputi PM Singapura Gan Kim Yong, Deputi PM Cambodia Sun Chanthol, Sekjen ASEAN Kao Kim Hourn, mantan PM Tanah Melayu Mahathir Mohamad, dan juga dihadiri sebagian Chairman/CEO perusahaan besar beserta para profesor dari berubah-ubah universitas ternama dunia.

Artikel ini disadur dari Wakili Jokowi, Airlangga Hadiri Nikkei Forum 2024 di Jepang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *