Internasional

Joice Triatman Sebut Sekjen Nasdem Hermawi Taslim Tahu mengenai Aliran Dana Rp850 Juta dari Kementan

7
×

Joice Triatman Sebut Sekjen Nasdem Hermawi Taslim Tahu mengenai Aliran Dana Rp850 Juta dari Kementan

Sebarkan artikel ini
Joice Triatman Sebut Sekjen Nasdem Hermawi Taslim Tahu mengenai Aliran Dana Rp850 Juta dari Kementan

JAKARTA – Mantan Staf Khusus Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) , Joice Triatman menyebutkan bahwa Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Nasdem Hermawi Taslim mengetahui perihal aliran dana dari Kementerian Pertanian (Kementan) senilai Rp850 juta. Diketahui uang yang dimaksud digunakan Partai Nasdem untuk akan calon legislatif (bacaleg).

Hal itu diungkapkan Joice ketika dihadirkan Jaksa KPK sebagai saksi di dalam persidangan di perkara gratifikasi serta pemerasan dengan duduk sebagai Terdakwa mantan Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) ke PN Jakpus, Hari Senin (27/5/2024).

Mulanya, Joice menjelaskan bahwa ada sebuah permintaan koordinasi dengan Sekjen Kementan Kasdi Subagyono masalah pengadaan uang. Permintaan yang dimaksud diminta oleh SYL.

“Saya mendapatkan perintah dari Pak Menteri untuk berkoordinasi dengan Pak Sekjen Pak Kasdi untuk perkara pendanaan sebuah acara ke Partai Nasdem pada rangka penyerahan formulir Bacaleg DPR RI ke Gedung KPU,”ujar Joice.

“Acara ke mana?” tanya Hakim.

“Di Gedung Partai Nasdem tahun berikutnya Yang Mulia, tahun 2023,” jawab Joice.

“Pencalegan? Sudah mau dekat pemilu?” tanya Hakim.

“Betul, Yang Mulia,” jawab Joice.

Joice menjelaskan bahwa anggaran yang tersebut diminta oleh panitia acara yakni sebesar Rp1 miliar. Akan tetapi, mantan Sekjen Kementan pada kala itu, Kasdi Subagyono tak menyanggupi permintaan tersebut. Kasdi pun belaka mampu menyanggupi permintaan dari Joice sebanyak-banyaknya Rp850 juta.

“Kasdi keberatan kemudian apa?” tanya Hakim.

“Sampai disepakati Rp850 juta,” jawab Joice.

“Tawar-menawar ya?” tanya Hakim.

“Tidak, hanya sekali satu kali,” jawab Joice.

“Akhirnya dari Rp1 miliar turun menjadi?” tanya Hakim.

“Rp850 juta,” jawab Joice.

Joice mengungkapkan bahwa uang Rp850 jt itu cair dua minggu pasca adanya persetujuan RAB. Namun, dikatakan tak tahu sumber uang dari Kementerian Pertanian terkait pendanaan tersebut.

Artikel ini disadur dari Joice Triatman Sebut Sekjen Nasdem Hermawi Taslim Tahu soal Aliran Dana Rp850 Juta dari Kementan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *