Internasional

Joice Triatman Ungkap Aliran Dana Kementan Sebesar Rp850 Juta ke Partai Nasdem

7
×

Joice Triatman Ungkap Aliran Dana Kementan Sebesar Rp850 Juta ke Partai Nasdem

Sebarkan artikel ini
Joice Triatman Ungkap Aliran Dana Kementan Sebesar Rp850 Juta ke Partai Nasdem

JAKARTA – Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menghadirkan Staf Khusus Menteri Pertanian era Syahrul Yasin Limpo (SYL) , Joice Triatman. Joice yang dimaksud juga diketahui sebagai Wakil Bendahara Umum (Wabendum) Partai Nasdem mengungkapkan ada aliran dana sebesar Rp850 jt ke Partai Nasdem untuk sebuah acara.

Hal itu diungkap Joice ketika menjadi saksi di sidang lanjutan persoalan hukum dugaan gratifikasi serta pemerasan dengan terdakwa mantan Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) di PN Jakpus, Awal Minggu (27/5/2024).

Mulanya, Hakim Ketua Rianto Adam Pontoh menanyakan terhadap Joice perihal adanya penerimaan banyak uang. “Iya. Saya mendapatkan perintah dari Pak Menteri untuk berkoordinasi dengan Pak Sekjen, Pak Kasdi,” ujar Joice.

“Untuk perkara pendanaan sebuah acara dalam Partai Nasdem pada rangka penyerahan formulir Bacaleg DPR RI ke Gedung KPU,” sambung dia.

Lebih lanjut, Joice mengungkapkan anggaran awal untuk acara yang digunakan dijalankan di dalam Nasdem Tower itu sekitar tambahan dari Rp1 miliar.

Kemudian, ia melakukan koordinasi dengan mantan Sekjen Kementan Kasdi Subagyono. Saat itu, kata Joice, Subagyono menafsirkan jumlah keseluruhan anggaran yang dimaksud terlalu besar.

“Lalu saya teruskan ke Pak Kasdi. Pak Kasdi bicara ‘terlalu tinggi’ pada ketika itu, tak menyanggupi nominal itu,” ungkap Joice.

Setelah itu, Joice menjelaskan bahwa anggaran untuk acara Partai Nasdem yang disebutkan turun berubah menjadi Rp850 juta.

“Sampai disepakati Rp850 juta,” ucap Joice.

Artikel ini disadur dari Joice Triatman Ungkap Aliran Dana Kementan Sebesar Rp850 Juta ke Partai Nasdem

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *