Internasional

Kapolri dan juga Jaksa Agung Akrab ke Istana, Lemkapi: Keseriusan Tangguh Berantas Korupsi

6
×

Kapolri dan juga Jaksa Agung Akrab ke Istana, Lemkapi: Keseriusan Tangguh Berantas Korupsi

Sebarkan artikel ini
Kapolri serta juga Jaksa Agung Akrab ke Istana, Lemkapi: Keseriusan Tangguh Berantas Korupsi

JAKARTA – Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Penting Kepolisian (Lemkapi) Edi Hasibuan mengapresiasi keakraban Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dengan Jaksa Agung Sanitar Burhanuddin dalam Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (27/5/2024). Menurut Edi, keakraban yang dimaksud menunjukkan kedua institusi itu berjanji pemberantasan korupsi.

“Keakraban Kapolri dengan Jaksa Agung dalam Istana Negara patut diapresiasi. Kekompakan ini menunjukkan untuk umum bahwa kedua tokoh pimpinan penegak hukum ini sama-sama memiliki komitmen yang kuat untuk memberantas kejahatan korupsi pada pertambangan,” kata Edi pada waktu dihubungi, Hari Senin (27/5/2024).

Pertemuan antara Kapolri serta Jaksa Agung itu berlangsung pada sedang isu ketegangan antara Kejagung dengan Polri. Isu ketegangan itu muncul pasca adanya dugaan penguntitan personel Densus 88 terhadap Jaksa Agung Muda bidang Pidana Khusus (Jampidsus) Febrie Adriansyah ke sebuah restoran Prancis di dalam kawasan Cipete, DKI Jakarta Selatan, Hari Minggu (19/5/2024).

Namun Edi merasa, tak ada pertikaian antara kedua institusi penegak hukum tersebut. Ia menilai, kekompakan antara Sigit serta Burhanuddin memberikan kesejukan.

“Kami mengawasi tiada ada persoalan antara Polri lalu Kejaksaan. Kekompakan mereka itu menghadirkan kesejukan juga keakraban merek meyakinkan rakyat bahwa Polri dan juga Kejaksaan sama-sama berjanji memberantas korupsi pada bidang pertambangan,” kata dosen pascasarjana Universitas Bhayangkara Ibukota Indonesia ini.

Ia menilai, komitmen Polri juga Kejaksaan saling mengupayakan untuk memberantas korupsi di bidang pertambangan. Semua penegakan hukum yang mana diwujudkan Kejaksaan, menurutnya, didukung penuh oleh kepolisian, di antaranya memproses secara hukum jikalau ada oknum anggota Polri juga pensiunan jenderal polisi sekalipun yang digunakan terlibat di korupsi tambang.

“Kami yakin bukan ada yang mana ditutupi. Kalau ada yang mana terbukti pasti akan diproses secara hukum,” kata pemerhati kepolisian ini.

Sebelumnya, Jaksa Agung kemudian Kapolri tampak kompak ketika mengunjungi peluncuran Government Technology (GovTech) INA Digital di Istana Negara, Jakarta, Mulai Pekan (27/5/2024).

Dalam penghadapan tersebut, Jaksa Agung tampak menyambut jabat tangan dari Kapolri. Keduanya setelah itu bersalaman sambil saling tersenyum. Setelah itu, keduanya duduk pada satu barisan yang tersebut sama, yaitu deretan paling depan yang tersebut menghadap dengan segera ke Presiden Jokowi juga Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Artikel ini disadur dari Kapolri dan Jaksa Agung Akrab di Istana, Lemkapi: Komitmen Kuat Berantas Korupsi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *