Berita

Siang Ini, Megawati Buka Rakernas PDIP V di Ancol

34
×

Siang Ini, Megawati Buka Rakernas PDIP V di Ancol

Sebarkan artikel ini
Siang Ini, Megawati Buka Rakernas PDIP V di Ancol

JAKARTA – Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesi Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri akan membuka Rapat Kerja Nasional ( Rakernas ) V di Beach City International Stadium Ancol, Ibukota Utara, hari terakhir pekan (24/5/2024). Megawati akan membuka rakernas sekitar pukul 14.00 WIB.

“Tepatnya jam 14.00, 24 Mei 2024 Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Prof HC Megawati Soekarnoputri akan secara resmi membuka rangkaian Rakernas V PDI Perjuangan yang direncanakan akan berakhir pada tanggal 26 yang akan datang,” kata Basarah di konferensi pers sebelum membuka Rakernas ke arena Beach City International Stadium Ancol, Ibukota Utara.

Pada Rakernas V PDIP terdapat lima program utama yang mana dibahas dan juga dirumuskan. Satu dalam antaranya evaluasi kinerja partai sejak pelaksanaan Kongres V PDIP pada 2019.

“Memang menurut ketentuan anggaran dasar kemudian anggaran rumah tangga kami, salah satu fungsi Rakernas V ini adalah kami mengevaluasi perjalanan program-program partai, kinerja partai, capaian-capaian partai, setiap tahun sekali di rapat kerja nasional,” kata Basarah.

Alumnus Universitas Diponegoro (Undip) itu melanjutkan jadwal Rakernas V melaksanakan konsolidasi organisasi dengan mengatasi siklus Kongres kembali ke 2025.

“Kebetulan jadwal kongres dilaksanakan pada 2019, tetapi akibat agenda-agenda nasional lainnya, salah satunya pelaksanaan pilpres kemudian pileg kemarin, juga November nanti kami akan melaksanakan pilkada serentak, maka untuk permintaan konsolidasi pemantapan organisasi partai mensukseskan agenda-agenda nasional bangsa itu, kongres akan diputuskan dikembalikan di siklus lima tahunan, nanti 2025 yang akan datang,” lanjut Basarah.

Selanjutnya, kata pria berkacamata itu, Rakernas V akan diisi konsolidasi organisasi untuk pemantapan pilkada 2024.

“Kelima rakernas ini akan merumuskan, memutuskan, dan juga memantapkan, dan juga menetapkan hal-hal yang tersebut bermetamorfosis menjadi sikap urusan politik resmi PDI Perjuangan. Baik sikap urusan politik menyangkut kebijakan internal organisasi, maupun sikap urusan politik eksternal organisasi. Kami akan bahas prediksi dan juga proyeksi pemerintahan nasional, bangsa Negara Indonesia lima tahun ke depan. Dikaitkan pada situasi urusan politik global. Terjadinya konflik antara negara Ukraina juga Rusia yang tersebut sampai sekarang belum selesai. Kemudian Iran lalu Israel. Konflik Laut Cina Selatan, kemudian pemanasan global yang akan mempengaruhi umat manusia dalam muka bumi,” ujarnya.

“Lima poin ini, nanti akan berubah menjadi fokus kemudian saya kira pada bagian lima, perumusan sikap urusan politik ini akan menjadi perhatian teman-teman semua bagaimana sikap PDIP selama lima tahun ke depan,” katanya.

Artikel ini disadur dari Siang Ini, Megawati Buka Rakernas PDIP V di Ancol

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *