Kesehatan

Apakah Gigi Berlubang Wajib Ditambal, walaupun Belum Sakit?

13
×

Apakah Gigi Berlubang Wajib Ditambal, walaupun Belum Sakit?

Sebarkan artikel ini
Apakah Gigi Berlubang Wajib Ditambal, sekalipun Belum Sakit?

JAKARTA – Gigi berlubang menjadi permasalahan yang mana dialami banyak warga ketika ini. Selain lantaran konsumsi makanan tinggi gula, gigi berlubang juga bisa saja timbul akibat rendahnya kesadaran membersihkan gigi secara rutin.

Pada kebanyakan kasus, gigi berlubang kerap dianggap tidaklah berbahaya apalagi apabila bukan memunculkan gejala yang tersebut mengganggu. Ya, secara simpel sejumlah khalayak membiarkan gigi dia berlubang tanpa penanganan khusus.

Padahal, menurut Dokter Gigi RSGM YARSI drg. Rezky Floura, punya gigi berlubang itu penting penanganan ekstra. Artinya, diperlukan treatment tertentu untuk melakukan konfirmasi gigi berlubang itu tidaklah bermetamorfosis menjadi sumber hambatan yang digunakan lebih lanjut serius.

Lantas, apa penanganan ekstra yang mana penting diwujudkan jikalau memiliki gigi berlubang?

“Biasanya kami akan rekomendasikan agar gigi yang berlubang itu ditambal, apalagi kalau belum muncul sakitnya, itu hal yang mana tepat banget untuk dilakukan,” kata dr Rezky ketika diwawancarai MNC Portal dalam acara Doctor on The Road pada Auditorium Gedung Sindo, Ibukota Indonesia Pusat, beberapa hari lalu.

Pada status gigi berlubang yang mana belum muncul gejala sakit, lanjut dr Rezky, penanganannya cukup penambalan saja. “Belum diperlukan perawatan saluran akar,” jelasnya.

Lain cerita kalau memang benar gigi berlubangnya telah sakit, berdenyut, bahkan bengkak. Pada status seperti ini, dokter sangat menyarankan agar dikerjakan perawatan saluran akar.

“Kalau telah sampai sakit, diperlukan treatment yang digunakan tambahan kompleks juga panjang, salah satunya perawatan akar itu. Perawatan akar sendiri biasanya gak cuma satu kali treatment ke dokter gigi, tapi harus bolak-balik dengan tujuan mensterilkan saluran saraf-saraf yang mana sudah ada rusak,” paparnya.

Perlu diketahui, acara Doctor on The Road merupakan persembahan Okezone bekerja mirip dengan Rumah Sakit Gigi lalu Mulut (RSGM) Yarsi. Agenda regular tahunan ini bukanlah cuma mengeksplorasi perihal kesegaran gigi, tapi juga menyediakan layanan MCU (Medical Check up) secara gratis untuk para karyawan.

Baca Juga: Penyakit yang digunakan Tidak Ditanggung BPJS Periode 2024, Ada 21 Jenis

‘Doctor on The Road’ yang digunakan dilaksanakan oleh Okezone.com, yang digunakan merupakan bagian dari MNC Portal Indonesia, ini dapat terselenggara selain kerjasama dengan RSGM Yarsi juga didukung oleh Tropicana Slim, HARRIS Pop Kelapa Gading Jakarta, dan juga Star Media Massa Nusantara (SMN).

Acara ini turut dihadiri Director Business and Operation MNC Portal Indonesi Yadi Hendriana, Marketing Manager RSGM Yarsi drg. Mia Mariani, MARS, Kepala Bagian Promosi Aspek Kesehatan RSGM Yarsi drg. Rezky Floura, dan juga Top 6 Indonesian Idol 12 Novia Situmeang.

Artikel ini disadur dari Apakah Gigi Berlubang Wajib Ditambal, meski Belum Sakit?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *