Olahraga

Trofi bola emas Diego Maradona di Piala Planet 1986 akan dilelang

23
×

Trofi bola emas Diego Maradona di Piala Planet 1986 akan dilelang

Sebarkan artikel ini
Trofi bola emas Diego Maradona di dalam Piala Planet 1986 akan dilelang

Ibukota – Rumah lelang Aguttes akan melelang Trofi Bola Emas Adidas milik Diego Maradona, di dalam Rumah Lelang Internasional Aguttes, Neuilly-sur-Seine, Paris, Prancis, pada 6 Juni mendatang.

Trofi itu merupakan penghargaan individu yang digunakan diberikan untuk Maradona sebab ia berubah menjadi pemain terbaik ke Piala Global 1986. Pada Piala Planet edisi yang disebutkan ia berubah menjadi kapten timnas Argentina kemudian berhasil menghadirkan timnya berubah jadi juara, sekaligus mencetak dua gol ikonik ketika berhadapan dengan Inggris pada perempat final.

Pakar olahraga di Rumah Lelang Aguttes, Francois Thierry, menyampaikan bahwa pelabelan kata legenda untuk Maradona sangat sesuai dengan prestasi yang mana diraih semasa hidupnya.

“Dia menyukai sepak bola seperti Muhammad Ali di tinju atau Michael Jordan di dalam bola basket, sebuah ikon yang dimaksud terpencil melampaui batas olahraganya. Dia tentu semata merupakan salah satu atlet paling manusiawi yang dimaksud pernah kita kenal, dengan kekuatan kemudian kelemahannya,” kata Thierry di informasi resmi tercatat di laman resmi Aguttes.

“Anak emas "El Pibe de Oro" yang dimaksud juga dijuluki "Dewa sepak bola", adalah perkara istimewa pada sejarah sepak bola dunia, sebuah bakat yang alami serta insting, pada karir yang digunakan dipenuhi dengan kilauan kejelian dengan kesuksesan kemudian kelebihan,” tambahnya.

Diego Armando Maradona dinobatkan sebagai “Pemain Abad ke-20” oleh FIFA, bersatu dengan Pele, kemudian trofi Bola Emas ini melambangkan pencapaian terbesarnya lalu gol terbesarnya.

Sejak Piala Global FIFA 1982, Trofi Bola Emas telah lama memberikan penghargaan untuk pemain terbaik kejuaraan tersebut, lalu dengan demikian merupakan salah satu penghargaan individu paling bergengsi dalam bumi sepak bola.
 

Diego Maradona, pembimbing Argentina, sebelum pertandingan Argentina vs Nigeria di FIFA World Cup, Afrika Selatan pada 12 Juni 2010. (REUTERS)

Maradona menerima trofi Bola Emas sebagai pemain terbaik Piala Planet dalam Lido, Paris, Prancis, pada 13 November 1986. Ini adalah merupakan sebuah karya unik di sejarah sepak bola, penghargaan yang diberikan untuk pemain paling simbolis di olahraga ini, sama-sama Pele, lalu merupakan yang tersebut pertama dalam lingkungan ekonomi seni.

Sebelumnya tidaklah ada trofi Bola Emas yang dilelang. Museum FIFA menyimpan Bola Emas dari tahun 1990.

Pada lelang belakangan ini, kaus yang mana dikenakan Diego Maradona ketika pertandingan Piala Planet 1986 bertarung dengan Inggris, dikabarkan akan dijual dengan nilai sekitar tujuh jt dolar.

Trofi yang disebutkan dijual oleh mantan pemain Inggris Steve Hodge yang bertukar kaus dengan Maradona setelahnya pertandingan klasik Piala Planet dengan Maradona mencetak gol “Tangan Tuhan” dan juga “Gol Abad Ini”.

Artikel ini disadur dari Trofi bola emas Diego Maradona di Piala Dunia 1986 akan dilelang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *