Otomotif

Penting! Ini adalah Arti Kode Kedipan Indikator Motor Injeksi Honda

13
×

Penting! Ini adalah Arti Kode Kedipan Indikator Motor Injeksi Honda

Sebarkan artikel ini
Penting! Ini adalah adalah Arti Kode Kedipan Indikator Motor Injeksi Honda

JAKARTA – Arti kode kedipan indikator motor injeksi Honda wajib dipahami bagi pemilik kendaraan agar mengetahui penyebab permasalahan pada kendaraan.

Motor injeksi memang sebenarnya menawarkan berbagai kelebihan ketimbang motor kaburator. Di antaranya konsumsi material bakar lebih besar irit, tambahan bertenaga serta perawatannya mudah. Kelebihan lain motor injeksi adalah kemudahan mendeteksi permasalahan pada komponen kendaraan.

Langsung saja, berikut arti kedipan indikator motor injeksi Honda dilansir dari Astraotoshop, Hari Jumat (26/04/2024):

1 Kedipan

Berkedip satu kali menandakan adanya permasalahan pada sensor Manifold Absolute Pressure (MAP). Sensor ini berfungsi untuk mengukur tekanan udara dalam saluran intake sepeda gowes motor. Kerusakan pada sensor MAP akan berdampak pada performa sepeda gowes motor.

7 Kedipan : Sensor EOT/ECT (Engine Oil/Coolant Temperature)

Jika sensor ini mengalami gangguan, mesin sepeda gowes motor akan cenderung cepat panas. Salah satu penyebab mungkin saja adalah putusnya sambungan pada sensor tersebut. Untuk mengatasi permasalahan ini kemudian menjaga dari mesin motor dari panas yang dimaksud berlebihan, cek level oli mesin lalu cairan pendingin.

8 Kedipan : Sensor TP (Throttle Position)

Masalah ini dapat disebabkan oleh rangkaian yang tersebut tiada berfungsi dengan baik atau kontak yang tersebut longgar. Efek dari permasalahan ini adalah borosnya pemakaian material bakar kemudian mengakibatkan mesin kerap mati.

9 Kedipan : Sensor IAT (Intake Air Temperature)

Akibat dari sensor IAT yang rusak, akselerasi motor akan terganggu kemudian mesin bukan akan berfungsi dengan optimal. Indikasinya, lampu indikator pada kendaraan beroda dua motor Honda akan berkedip banyaknya 9 kali dengan pola pendek-pendek.

11 Kedipan : Sensor VS

Sensor Vehicle Speed merupakan sensor yang dimaksud bertugas mengukur kecepatan kendaraan beroda dua motor. Jika terdapat masalah, maka perlu dikerjakan pengecekan tambahan lanjut. Karena peran VS cukup krusial terhadap fungsi kendaraan beroda dua motor.

12 Kedipan : Sensor Injektor

Jika mengawasi lampu berkedip panjang 1 kali kemudian pendek 2 kali, itu menunjukkan kode kedipan 12, yang tersebut menandakan adanya hambatan pada bagian injektor. Biasanya, jikalau kedipan ini terjadi, mesin motor tak dapat dihidupkan.

21 Kedipan : Sensor O2 – Oxigen sensor

Ketika lampu indikator berkedip panjang dua kali juga pendek satu kali, maka hal yang disebutkan terbaca sebagai kode kedip 21 kali. Jika mengalami hal ini, penting untuk memeriksa bagian sensor oksigen atau O2.

Biasanya, permasalahan ini disertai dengan pernyataan letupan pada knalpot motor lalu kesulitan pada menghidupkan mesin. Solusinya adalah menyebabkan motor ke bengkel terdekat untuk membersihkan sensor oksigen.

29 Kedipan : Sensor IACV (Intake Air Cut Valve)

Ketika hambatan ini terjadi, pengendara kemungkinan besar akan menghadapi beberapa kesulitan seperti kesulitan menghidupkan mesin motor, situasi stasioner yang mana bergetar kasar, lalu konsumsi substansi bakar yang digunakan boros.

Baca Juga: 5 Penyebab Lampu Indikator Motor Injeksi Menyala Terus

33 Kedipan : ECM (Engine Control Module)

Engine Control Module (ECM) adalah komponen yang tersebut bertanggung jawab untuk mengontrol beragam aspek kinerja mesin sepeda gowes motor. Jika ECM mengalami masalah, dapat mempengaruhi bermacam sistem ke kendaraan beroda dua motor, seperti sistem komponen bakar, sistem pengapian, dan juga lain-lain

52 Kedipan : Sensor CKP (Crankshaft Position)

Ketika mengawasi kedipan panjang banyaknya 5 kali dan juga kedipan pendek sejumlah 2 kali, itu artinya terdapat kesulitan pada sensor CKP. Sensor CKP yang dimaksud rusak dapat menyebabkan sepeda gowes motor terasa kasar, akselerasi motor berkurang, serta bahkan mesin menjadi sulit untuk dihidupkan.

54 Kedipan : Sensor BAS (Bank Angle Sensor)

Kode kedipan ini mengindikasikan adanya kesulitan pada sensor BAS atau Bank Angle Sensor. BAS miliki fungsi yang dimaksud penting pada sepeda gowes motor Honda yaitu memproduksi motor otomatis mematikan mesin ketika terbentuk kecelakaan atau jatuh.

Dengan mengenali arti kode kedipan motor injeksi, pemilik kendaraan dapat mengantisipasi terjadinya permasalahan pada kendaraan sebelum menjadi lebih besar parah.

MG/Maulana Kusumadewa Iskandar

Artikel ini disadur dari Penting! Ini Arti Kode Kedipan Indikator Motor Injeksi Honda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *