Otomotif

Berapa Lama Baterai Mobil Listrik Harus Diganti?

40
×

Berapa Lama Baterai Mobil Listrik Harus Diganti?

Sebarkan artikel ini
Berapa Lama Baterai Mobil Listrik Harus Diganti?

JAKARTA – Pertanyaan tentang berapa lama elemen penyimpan daya mobil listrik harus diganti memang benar penting. Terutama, bagi mereka itu yang mana berniat untuk mengganti kendaraan ICE bermetamorfosis menjadi mobil listrik.

Hanya saja, pertanyaan simpel yang dimaksud tak mampu dijawab dengan sederhana. Sebab, usia sel mobil listrik dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor.

Beberapa aspek yang mana mempengaruhi elemen penyimpan daya mobil listrik:

– Jenis baterai: Baterai lithium-ion yang lebih besar baru mempunyai umur yang dimaksud lebih banyak panjang daripada elemen penyimpan daya lithium-ion tradisional.
– Kebiasaan mengemudi: Mengemudi dengan agresif dan juga kerap menggunakan pengisian daya cepat dapat memperpendek usia baterai.
– Kondisi lingkungan: Suhu ekstrem, baik panas maupun dingin, dapat mempercepat degradasi baterai.
– Perawatan: Merawat akumulator dengan baik, seperti mengelakkan pengisian daya berlebihan juga menyimpan suhu elemen penyimpan daya masih ideal, dapat membantu menunda umurnya.

Beberapa pabrikan dalam Negara Indonesia memberikan garansi penyimpan daya seumur hidup untuk memberikan kepercayaan terhadap konsumen.

Wuling, misalnya, memberikan garansi seumur hidup untuk mobil listrik BinguoEV. Selain itu, Neta juga memberikan garansi seumur hidup terhadap model Neta V. Rencana garansi seumur hidup Neta V berlaku khusus untuk 2.024 konsumen pertama yang dimaksud melakukan pembelian unit NETA V.

Garansi seumur hidup lainnya juga diberikan oleh MG Indonesi dan juga Chery Motor Tanah Air lewat Omoda E5.

Nah, berikut beberapa tips untuk membantu menunda usia sel mobil listrik Anda:

1. Hindari pengisian daya berlebihan. Idealnya, jaga level akumulator antara 20% dan juga 80%.

2. Gunakan pengisian daya yang dimaksud lambat bila memungkinkan. Pengisian daya yang digunakan cepat dapat memunculkan panas berlebih yang digunakan dapat merobohkan baterai.

3. Hindari mengemudi dengan agresif. Mengemudi dengan kecepatan lebih tinggi juga pengereman mendadak dapat menguras elemen penyimpan daya lebih banyak cepat.

4. Parkir mobil ke tempat teduh ketika cuaca panas. Paparan sinar matahari secara langsung dapat mempercepat degradasi baterai.

4. Lakukan perawatan sel secara berkala sesuai dengan rekomendasipabrikan.

Artikel ini disadur dari Berapa Lama Baterai Mobil Listrik Harus Diganti?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *