Otomotif

Jelajahi 6 Benua, Lexi Pecahkan Rekor Keliling Planet dengan Mobil Listrik

12
×

Jelajahi 6 Benua, Lexi Pecahkan Rekor Keliling Planet dengan Mobil Listrik

Sebarkan artikel ini
Jelajahi 6 Benua, Lexi Pecahkan Rekor Keliling Planet dengan Mobil Listrik

JAKARTA – Lexi Alford menjadi penduduk pertama yang dimaksud berhasil memecahkan rekor keliling planet menggunakan mobil listrik. Pria berusia 26 tahun itu menghabiskan waktu berbulan-bulan menjelajahi enam benua dengan Ford Explorer listrik.

Tercatat Lexi melintasi 196 negara pada perjalanannya. Banyak suka duka yang dialami selama perjalanan keliling dunia. Di Zimbabwe misalnya, negara yang disebutkan benar-benar mimpi buruk. “Belum ada charger juga mobil listrik belum diperkenalkan,” kata Lexi dilansir dari The Sun, Rabu (23/4/2024).

Derita yang dimaksud semakin lengkap dengan adanya pemadaman listrik yang dimaksud meluas. Dia mengaku harus mengandalkan pengisian daya menumpang pada rumah penduduk setempat. Proses ini memakan waktu hingga 40 jam. Lexi juga mengalami kendala di Amerika Selatan, akibat harus mengantisipasi charger bertenaga surya dalam Chili.

Perjalanan Lexi merupakan bagian dari tantangan Charge Around the Globe dari Ford untuk menunjukkan kekuatan kendaraan listrik. Martin Sander, General Manager Ford Model E Eropa, menyatakan bahwa perjalanan Lexi adalah uji coba terakhir Ford Explorer terbaru. “Menantang setiap cuaca kemudian keadaan jalan, dan juga hampir setiap skenario pengisian daya,” ujarnya.

Meski menemui beberapa jumlah kendala, namun pada berbagai negara Lexi justru takjub dengan sistem ekologi mobil listrik yang mana berlimpah. Destinasi wisata populer pada Thailand, Vietnam, juga Negara Malaysia misalnya, miliki ketersediaan charger yang digunakan banyak. “Infrastrukturnya menciptakan kami takjub di dalam banyak tempat,” katanya.

Ford Explorer listrik pada masa kini telah lama tersedia dalam pasaran. Mobil ini dibanderol mulai dari £45.875, tergantung varian. Salah satu varian yang tersedia, Extended Range RWD 77kWh Explorer memungkinkan pengemudi menempuh jarak 600 kilometer dengan daya penuh.

Akselerasinya juga dari 10 persen hingga 80 persen belaka di 28 menit dan juga mencapai 100 km/jam pada 5,3 detik. Model yang mana lebih banyak ekonomis akan memasuki bursa akhir tahun ini dengan harga jual £39,875. Di dalamnya, terdapat ruang penyimpanan Mega Console. Produsen pun membekali kendaraan listrik dengan software antarmuka kemudian gadget terkini.

MG/Muhammad Rauzan Ranupane Ramadan

Artikel ini disadur dari Jelajahi 6 Benua, Lexi Pecahkan Rekor Keliling Dunia dengan Mobil Listrik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *