Uncategorized

Menteri BUMN Erick Tohir Cek Kesiapan Jaringan Gas Pertamina di dalam IKN

27
×

Menteri BUMN Erick Tohir Cek Kesiapan Jaringan Gas Pertamina di dalam IKN

Sebarkan artikel ini
Menteri BUMN Erick Tohir Cek Kesiapan Jaringan Gas Pertamina pada di IKN

JAKARTA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Tohir meninjau kesiapan BUMN pada pembangunan sarana dan juga prasarana (Sarfas) energi di dalam Ibu Perkotaan Nusantara (IKN), di antaranya jaringan gas oleh Pertamina. Pembangunan jaringan gas bumi pada IKN di hal ini dilaksanakan oleh PT Organisasi Gas Negara Tbk (PGN) selaku Subholding Gas Pertamina.

Menteri BUMN, Erick Tohir menyampaikan bahwa eksekutif sama-sama BUMN merencanakan pembangunan kawasan lapangan usaha hijau di IKN. Pertamina sebagai penyedia jaringan gas menunjukkan komitmennya di penyediaan energi bersih ke Ibu Daerah Perkotaan Nusantara.

“Kita planning di 10 – 15 tahun sudah ada ada paling tak titik industri, tapi green industrial estate,” ujar Erick.

Pada pada waktu peninjauan tersebut, Wakil Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Wiko Migantoro menjelaskan untuk penyediaan energi di dalam IKN, Pertamina akan mengutamakan jaringan gas.

“Kita gantikan dengan jaringan gas yang dipasok dengan gas alam. Pelaksanaan pembangunannya terintegrasi dengan pengerjaan utilitas lainnya seperti saluran air, saluran gas serta kelistrikan,” ucap Wiko.

Jaringan gas (jargas) nantinya akan dapat dimanfaatkan pada bervariasi hunian vertikal, rumah tapak yang digunakan merupakan rumah dinas untuk menteri kemudian para pegawai di IKN. Pada Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) akan terbagi pada beberapa tahap. Pada tahap perdana PGN siap melayani permintaan pelanggan yang mana diperkirakan akan beroperasi pada Agustus mendatang.

Selain pengembangan jargas ke IKN, Pertamina juga sedang mempersiapkan Pertamina Sustainable Energy Center (Pusat Tenaga Berkelanjutan) yang digunakan mencakup Pertamina Sustainability Academy, Pertamina Training Insititute, Pertamina Research and Innovation Center for Sustainable and Low Carbon Technologies.

Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di dalam bidang transisi energi, berjanji di mengupayakan target Net Zero Emission 2060 dengan terus mengupayakan program-program yang dimaksud berdampak segera pada capaian Sustainable Development Goals (SDGs). Seluruh upaya yang disebutkan sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di dalam seluruh lini usaha kemudian operasi Pertamina.

Artikel ini disadur dari Menteri BUMN Erick Tohir Cek Kesiapan Jaringan Gas Pertamina di IKN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *