Otomotif

Catat, Ini adalah 4 Tanda CVT Motor Matik Perlu Diservis

12
×

Catat, Ini adalah 4 Tanda CVT Motor Matik Perlu Diservis

Sebarkan artikel ini
Catat, Ini adalah adalah 4 Tanda CVT Motor Matik Perlu Diservis

JAKARTA – Sepeda motor dengan transmisi otomatis memerlukan perawatan khusus. Servis berkala diperlukan khususnya pada komponen CVT (Continously Variable Transmission).

CVT miliki fungsi untuk menyalurkan tenaga mesin ke roda belakang sehingga motor dapat melaju. Di dalamnya terdapat beberapa komponen yang dimaksud bekerja secara bersamaan untuk meyakinkan motor melaju sesuai tenaga yang digunakan dihasilkan mesin.

Jika terdapat komponen pada CVT yang tak berfungsi dengan baik, akan memproduksi performa motor menurun. Oleh sebab itu, CVT wajib dilaksanakan servis secara rutin untuk mencegah terjadinya kecacatan maupun performa yang tersebut bukan maksimal.

Lantas kapan waktu yang digunakan tepat untuk melakukan servis CVT pada motor matic? Sebagian besar produsen motor memberikan saran untuk melakukan servis CVT antara jarak tempuh 5.000-10.000 km.

Namun, ada juga produsen yang dimaksud menyarankan servis CVT secara berkala setiap 3 bulan atau lebih. Selain rekomendasi dari produsen, pemilik kendaraan penting setiap saat memperhatikan tanda bahwa motor memang sebenarnya telah membutuhkan servis, seperti dibagikan Wahana Honda.

1. CVT berisik pada waktu bergerak.

Jika muncul pendapat dari bagian CVT pada saat sedang berkendara, ini sanggup menjadi tanda bahwa komponen CVT diperlukan diservis.

2. Perubahan kinerja mesin.

Ketika mesin motor tidak ada lagi responsif, seperti lambat merespons di mana menawan gas, maka ini dapat menjadi tanda bahwa CVT membutuhkan perhatian lebih besar lalu mungkin saja memerlukan servis.

3. Berat pada waktu dikendarai.

Apabila merasa motor matic terasa lebih besar berat pada saat dikendarai, ini mampu berubah jadi tanda bahwa fungsi CVT telah mulai ternganggu serta sebaiknya segera melakukan servis.

4. Bahan bakar lebih lanjut boros.

Tanda lain CVT penting diservis adalah konsumsi komponen bakar secara tiba-tiba meningkat. Pasalnya, motor akan bekerja lebih lanjut keras pada menyalurkan tenaga sehingga komponen bakar yang dimaksud dikeluarkan terpencil lebih banyak besar.

Apabila mengalami salah satu atau beberapa tanda pada atas, segera bawa motor matik ke bengkel resmi atau tempat servis yang digunakan terpercaya.

Artikel ini disadur dari Catat, Ini 4 Tanda CVT Motor Matik Perlu Diservis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *