Otomotif

Yamaha Kembangkan Sistem Transmisi Semi-Otomatis untuk Moge

31
×

Yamaha Kembangkan Sistem Transmisi Semi-Otomatis untuk Moge

Sebarkan artikel ini
Yamaha Kembangkan Sistem Transmisi Semi-Otomatis untuk Moge

TOKYO Yamaha terus mengembangkan teknologi motor buatannya agar tetap berubah jadi pilihan konsumen. Pasalnya, persaingan ke lingkungan ekonomi roda dua cukup ketat dengan beberapa orang teknologi terkni yang dimaksud diperkenalkan.

Melansir Great Biker, Yamaha ketika ini sedang mengembangkan transmisi semi-otomatis yang tersebut akan diterapkan pada motor dua silinder berkapasitas 690 cc. Rencananya, teknologi itu akan dipasang pada Yamaha MR-07 juga YZF-R7.

Baru-baru ini, Cycle World, sebuah media roda dua terkemuka jika Eropa, mengungkapkan gambar paten yang mana didaftarkan oleh Yamaha. Semua dokumen juga ilustrasi ini menunjukkan bahwa sistem Yamaha menggunakan pengaturan semi-otomatis yang relatif sederhana.

Cara kerjanya mengurangi tuas kopling dari stang kiri lalu tuas persneling dari pijakan kaki kiri. Tuas kopling kemudian pedal transmisi akan diganti ke tombol yang dimaksud ada di setang kiri, sehingga pengendara belaka tinggal menekan tombol jikalau ingin mengganti gigi.

Sebagai informasi, sistem transmisi semi-otomatis ini tidak sesuatu yang mana baru bagi komoditas Yamaha. Berdasarkan gambar paten, cara kerjanya mirip dengan sistem ACC-S yang dimaksud digunakan pada Yamaha FJR1300 model keluaran 2006.

Moge yang disebutkan dibekali dengan kemampuan ubahan sistem transmisi keduanya full otomatis. Pengendara hanya sekali diperlukan menekan tombol untuk meningkatkan atau menurunkan gigi tanpa harus mendebarkan tuas kopling kemudian menginjak pedal transmisi.

Pada teknologi yang digunakan sedang dikembangkan, Yamaha menempatkan aktuator dalam bagian luar gearbox. Sementara modul kontrol secara efisien mengubah penekanan tombol berubah jadi perpindahan gigi pada rangka.

Gambar yang dimaksud menunjukkan sistem yang tersebut digunakan pada MT-07 lalu YZF-R7, sehingga kemungkinan sistem yang dimaksud juga dapat digunakan pada kendaraan beroda dua lain yang digunakan bermesin 690cc dua silinder, seperti Yamaha Tenere 700 juga Tracer 7 ke masa depan.

Pada ilustrasi yang mana menunjukkan cara kerja sistem pada MT-07, terlihat bahwa motor yang disebutkan mengalami inovasi dari model ketika ini. Terlihat motor yang disebutkan akan memiliki tangki baru.

Selain itu, pembaruan juga berjalan pada pipa udara pada tangki unsur bakar untuk menyuplai udara ke unit kendali kotak transmisi otomatis. Begitu juga dengan suspensi depannya menggunakan tipe inverted yang mana berbeda dengan model ketika ini.

Diyakini, diperkenalkan teknologi transmisi semi-otomatis berubah menjadi trik baru dari Yamaha untuk bersaing dengan Kawasaki Ninja 7 Hybrid dan juga Z 7 Hybrid. Begitu juga dengan teknolgi Honda E-Clutch, yang digunakan pada waktu ini berubah jadi tulang punggung perusahaan pada kelas 650 cc.

Artikel ini disadur dari Yamaha Kembangkan Sistem Transmisi Semi-Otomatis untuk Moge

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *