Otomotif

Perdana, Turki Peluncuran Mobil SUV Listrik Berbasis Artificial Intelligence

36
×

Perdana, Turki Peluncuran Mobil SUV Listrik Berbasis Artificial Intelligence

Sebarkan artikel ini
Perdana, Turki Peluncuran Mobil SUV Listrik Berbasis Artificial Intelligence

JAKARTA – Turki memperkenalkan produk-produk mobil SUV listrik inovatif pertama dari Bosphorus yang dimaksud dilengkapi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI). Fitur-fiturnya telah dilakukan mendebarkan banyak perhatian baik domestik maupun internasional.

Presiden Recep Tayyip Erdoğan menerima kunci dari Turkiies Automotive Initiative Group (Togg) untuk rilis perdana mobil SUV listrik. Debut ini menunjukkan bahwa China bukanlah satu-satunya negara yang mana mampu bersaing dengan raksasa otomotif Eropa serta Amerika Utara.

Togg berencana pada 2030 memproduksi 1 jt mobil pada lima model. Model T10X Togg mengikuti format VW ID.4 juga diproduksi di dalam sebuah pabrik ke kota barat laut Bursa.

Perusahaan belum mengumumkan biaya SUV barunya di dalam lingkungan ekonomi Eropa Barat pertamanya, Jerman, atau pangsa masa depan lainnya. Namun, pada negara asalnya, Togg akan dibanderol mulai Rp697 juta.

Mobil berkapasitas lima tempat duduk ini dibanderol 1,5 kali tambahan mahal daripada Fiat Tipo terlaris ke Turki atau lebih lanjut populer disebut Egea. Mobil berukuran 4,6 meter ini membutuhkan waktu enam tahun untuk dikembangkan. Penjualan awalnya mencapai 20.000 unit di 18 jam.

Tidak seperti berbagai model baru yang digunakan inovatif, teristimewa yang dibuat di Chjna, Togg memilih bentuk mobil yang digunakan sederhana, yang oleh Presiden Erdoğan disebut sebagai simbol kemajuan teknologi, perkembangan ekonomi, dan juga prestise global.

Didesain oleh mantan kepala desainer VW Murat Gunak, meskipun gril depan konvensional dan juga proporsi eksterior normal, T10X menyertakan banyak teknologi pionir.

Tidak mengherankan jikalau mobil ini menggunakan sistem yang dimaksud dikembangkan sendiri dengan menawarkan banyak ruang dan juga memiliki perangkat keras yang digunakan tahan masa depan. Togg dilengkapi dengan elemen penyimpan daya 52,4 atau 88,5 kWh, yang digunakan memberikan jangkauan hingga 523 kilometer.

Daya pengisian 22 kW untuk AC serta 180 kW untuk DC kalah dibandingkan banyak pesaing Eropa. Apalagi Togg, seperti Tesla, sedang memulai pembangunan jaringan pengisian dayanya sendiri kemudian telah dilakukan memesan 1,000 hyper charger miliknya dari Türkiye.

Artikel ini disadur dari Perdana, Turki Rilis Mobil SUV Listrik Berbasis AI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *